5 Cara Kembali Menemukan Semangat Hidup saat Segalanya Terasa Berat

Endah Wijayanti04 Des 2022, 19:45 WIB
Diperbarui 04 Des 2022, 19:45 WIB
perempuan dan breaking 8

Fimela.com, Jakarta Sedang dalam fase yang rasanya ingin menyerah saja dalam hidup? Sedang tertekan dengan masalah yang terus datang silih berganti tak ada habisnya? Di tengah situasi yang terasa sangat berat, semangat hidup bisa perlahan pudar dan hilang.

Untuk bisa menemukan kembali semangat hidup, perlu niat dan tekad yang kuat. Tak hanya itu saja, ada hal-hal baru yang perlu diusahakan agar tidak menyerah dan putus asa dalam menjalani hidup. Bagi kamu yang saat ini butuh semangat baru, coba strategi sederhana ini untuk kembali menemukan hal yang membuatmu kembali tersenyum menyambut hari.

 

 

1. Selesaikan Pekerjaan Sehari-hari

perempuan dan breaking 7
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Kamu bisa mulai dengan melakukan pekerjaan sehari-hari. Sekadar merapikan kembali kamar atau tempat tinggal bisa hadirkan semangat baru. Rasa puas yang hadir tiap kali berhasil menyelesaikan sebuah pekerjaan bisa memunculkan kembali semangat untuk menjalani hari. Kadang sekadar menata barang-barang di sekitar kita bisa membantu kita untuk kembali menata pikiran sehingga semangat hidup bisa muncul lagi.

 

 

2. Izinkan Diri untuk Rehat

perempuan dan breaking 6
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Michael+D+Edwards

Masalah yang datang tak ada habisnya memang bisa sangat menyusahkan. Rasanya hidup jadi tak pernah tenang karena masalah yang terus menerus datang. Di sini, kita bisa coba mengambil waktu untuk istirahat atau rehat sejenak. Biasanya kita butuh waktu untuk mengisi ulang energi diri agar semangat hidup bisa kembali terisi.

 

 

3. Terhubung Kembali dengan Sesuatu yang Bermakna

perempuan dan breaking 4
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/November27

Semangat hidup yang luntur bisa jadi disebabkan karena kita terlalu sibuk mengurus atau melakukan hal-hal yang jauh dari prioritas utama kita. Di sini, kita bisa coba kembali terhubung dengan sesuatu yang membuat hidup kembali bermakna. Entah itu pekerjaan, hobi, atau kegiatan yang bisa menghadirkan kepuasan batin. Biasanya saat kita bisa kembali merasakan makna, semangat hidup akan mengalir dengan sendirinya.

 

 

4. Hadirkan Support System Terbaikmu

perempuan dan breaking masih sayang
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Kamu bisa saja meminta bantuan kepada teman, sahabat, atau orang terpercaya untuk jadi teman curhatmu. Menghadirkan kembali dan terhubung dengan support system-mu bisa membuatmu kembali bersemangat. Menyadari masih ada orang-orang yang membutuhkanmu dan selalu mendukungmu akan membuatmua bisa kembali tersenyum menjalani hari.

 

 

5. Hadirkan Variasi dalam Rutinitas

perempuan dan breaking memaafkan ikhlas
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/mentatdgt

Saat segalanya terasa berat, semua hal yang kita lakukan bisa terasa menjemukan. Di sini kita bisa coba hadirkan variasi atau hal baru dalam rutinitas yang kita jalani. Menyematkan kegiatan atau aktivitas baru dalam keseharian bisa hadirkan warna baru untuk memantik semangat baru dalam hidup.

Bagi yang saat ini sedang kehilangan semangat hidup, semoga ada pintu baru yang terbuka untuk membantumu menemukan hal baik di langkah baru yang kamu ambil. Saat segalanya terasa berat, kadang pilihan terbijak adalah berusaha lebih keras untuk tetap kuat.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela