4 Cara Membersihkan Mesin Cuci Agar Awet

Vania Al kautsar04 Des 2022, 15:59 WIB
Diperbarui 04 Des 2022, 16:10 WIB
Mesin Cuci - Vania

Fimela.com, Jakarta Membuat mesin cuci agar tetap bersih dan terawat merupakan salah satu perawatan rumahan yang perlu kamu lakukan. Jika biasanya mesin cuci membersihkan pakaian kotor atau beberapa barang kotor menjadi bersih, tentu kamu juga perlu memperhatikan kebersihan mesin cuci yang sering digunakan. Membersihkan mesin cuci dilakukan agar mesin cuci dapat bekerja selama bertahun-tahun lamanya dan tetap awet.

Biasanya saat mencuci pakaian yang kotor akan menghasilkan residu sabun dan mineral dalam detergen yang digunakan pada saat pemakaian mesin cuci. Hal ini terkadang akan menunjukkan beberapa masalah kebersihan pada pakaian yang digunakan. Membersihkan mesin cuci sendiri mungkin membutuhkan banyak waktu dan tenaga yang diperlukan. 

Seringkali banyak orang yang menyepelekan cara untuk membersihkan mesin cuci sendiri, meskipun ada banyak cara untuk membersihkannya. Berikut beberapa cara membersihkan mesin cuci yang perlu kamu tahu:

1. Jalankan Mesin Cuci Saat Mencuci Pakaian

Mesin Cuci - Vania
Ilustrasi Mesin Cuci/https://unsplash.com/Planet Care

Masukkan detergen atau pembersih lainnya yang tidak memiliki bahan pengeras untuk mesin cuci, masukkan beberapa tetes dan tambahkan air seperti mencuci pakaian. Lalu putar bagian pencuci di mesin cuci selama 10-15 menit, bisanya akan meninggalkan kotoran di bagian bawah.

2. Angkat Kotoran di Bagian Bawah Pembilas 

Angkat kotoran di bagian pembilas atau dapat melakukan penyemprotan agar kotoran terbawa. Biasanya kotoran atau detergen yang tersisa akan tertinggal pada bagian satu ini, ambil atau aliri dengan air untuk menghilangkan kotoran.

3. Bersihkan Bagian Pengering

Mesin Cuci - Vania
Ilustrasi Mesin Cuci/https://unsplash.com/Planetcare

Untuk bagian pengerin pembersihannya tidak perlu terlalu sering, aliri dengan air atau tambahkan detergen agar tetap bersih dan terawat. Untuk bagian satu ini dapat memberikan sedikit air dan detergen, selain itu pembersihan di area pengering dapat dilakukan secara manual.

4. Bersihkan Bagian Luar Mesin Cuci

Kemudian bersihkan bagian luar mesin cuci dengan cara manual atau dapat menggosok lembuat pada bagian luar. Menggosokkan bagian yang terlihat sangat kotor dari luar.

 Itulah cara membersihkan mesin cuci yang dapat mamu lakukan sendiri di rumah, cara tersebut sangatlah mudah dan dapat kamu coba di rumah agar mesin cuci tetap awet.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela