5 Tanda Kegagalan yang Ada Menempa Mentalmu Jadi Perempuan Kuat

Endah Wijayanti06 Des 2022, 15:45 WIB
Diperbarui 06 Des 2022, 15:45 WIB
aku uang dan perempuan santai

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup, kita akan dihadapkan pada hal-hal yang seringkali terjadi di luar dugaan. Bahkan ada banyak kenyataan yang berjalan tak sesuai harapan. Sesuatu yang diperjuangkan pun tak selalu berbuah manis.

Menghadapi kegagalan pun tak mudah. Kegagalan yang ada dalam hidup bisa membuat kita terpuruk bahkan jatuh di titik terendah hidup. Meskipun begitu, kegagalan yang ada bisa jadi malah menempa mentalmu menjadi perempuan yang lebih kuat. Apa tanda kegagalan yang ada justru membuatmu lebih kuat? Berikut uraiannya.

 

 

1. Ada Pengalaman yang Bisa Menjadi Pelajaran Penting

aku uang dan soal bekerja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/mentatdgt

Sebuah kegagalan tak ubahnya menghadirkan pengalaman baru. Walau pengalaman baru tersebut tidak mengenakkan, tapi ada pengalaman yang bisa menjadi pelajaran penting dalam hidup. Pengalaman tersebut membantumu untuk lebih mawas diri dalam melangkah ke depan, dan ini bisa membuat jiwamu jadi lebih kuat lagi.

 

 

2. Ada Kesempatan Mencoba Hal Baru

aku uang dan jatuh bangun bisnis
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/nengnatee

Kegagalan yang ada bisa membuatmu keluar dari zona nyaman. Yang namanya keluar dari zona nyaman pastinya ada hal-hal tak mengenakkan yang perlu dialami dan diupayakan. Ketika kamu menghadapinya sebagai sebuah kesempatan untuk mencoba hal baru, maka ada potensi baru dalam diri yang bisa tumbuh dan kamu kembangkan lebih baik lagi.

 

 

3. Ada Sisi Baik yang Bisa Kamu Lihat

aku uang dan mandiri finansial
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/weedezign

Cara kita berpikir bisa memengaruhi cara kita bertindak. Saat kegagalan yang ada masih bisa membuatmu melihat sisi baik dari pengalaman tersebut, maka ada jiwa yang lebih kuat yang bisa kamu miliki. Kemampuan melihat sisi baik ini pun bisa mengarahkanmu untuk mengambil langkah yang lebih baik pula dalam hidup, sehingga kegagalan tak selalu dipandang sepenuhnya buruk.

 

 

4. Ada Pencapaian Baru yang Didapatkan

aku uang dan sebagai freelancer
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/wichayada+suwanachun

Apakah sebuah kegagalan bisa dianggap sebagai sebuah pencapaian? Tentu bisa kalau kita menganggap kegagalan sebagai bagian dari proses bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Sebab keberanian dan kemampuanmu untuk berani mencoba sudah menjadi sebuah pencapaian sendiri, dan ini membuatmu jadi pribadi yang lebih dewasa lagi.

 

 

5. Ada Semangat Baru untuk Mengambil Langkah Baru

aku uang dan beasiswa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/xmee

Semangat baru bisa muncul setelah mengalami sesuatu, termasuk mengalami kegagalan. Kegagalan yang ada bisa mendorong dan memicu semangat baru untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Sebuah kegagalan bisa membuka mata kita bahwa ada langkah yang tidak perlu diambil lagi karena ternyata ada langkah yang lebih baik untuk diambil ke depannya.

Semoga pengalaman kegagalan yang ada bisa membuatmu jadi pribadi yang lebih tegar lagi, ya. Yakin saja langkahmu akan lebih kuat lagi ke depannya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela