Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Gampang Overthinking Menghadapi Ketidakpastian Hidup

Fimela.com, Jakarta Makin dewasa rasanya makin banyak hal yang perlu dipikirkan. Sesuatu yang dulunya tampak sederhana atau sepele bisa menjadi hal yang sangat rumit atau kompleks. Sampai-sampai kita jadi makin gampang overthinking, khususnya saat menghadapi ketidakpastian hidup.

Ya, mau bagaimana lagi. Hidup memang memiliki sisi ketidakpastian. Selalu ada hal-hal yang terjadi di luar rencana dan dugaan kita. Saking cemas atau takutnya menghadapi itu semua, kita jadi rentan overthinking. Agar bisa lebih tenang, ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk bantu redakan kebiasaan overthinking.

 

 

1. Terhubung dengan Masa Kini

Karena terlalu mencemaskan masa depan, kita jadi overthinking. Memikirkan berbagai macam kemungkinan bisa membuat kita kewalahan. Di saat seperti ini, yang perlu kita lakukan adalah kembali terhubung dengan masa kini. Atur napas dan tenangkan diri untuk melakukan hal-hal yang masih dalam kendali diri di masa kini.

2. Berdamai dengan Ketidakpastian

Tak perlu mengelak atau menghindari ketidakpastian. Cobalah untuk berdamai dengan ketidakpastian yang ada. Mengutip buku Apa yang kita Pikirkan ketika Kita Sendirian, "Ada sesuatu yang menghibur dalam ketidakpastian ini, ketika kita tidak mengetahui dengan pasti tentang realitas kehidupan, alam semesta, dan semua seluk beluknya, dan bahkan mempertanyakan jawaban yang dikemukakan orang-orang, tidak peduli seberapa meyakinkannya jawaban itu. Karena ketidakpastian ini membuat semua kemungkinan dapat dibayangkan. Tidak ada yang benar-benar hitam atau putih, tetapi semuanya merupakan bauran warna yang saling menyatu." Ketidakpastian tak selalu buruk, jadi tak perlu memenuhi pikiran dengan hal-hal yang hanya akan menguras energi dan waktu kita.

3. Tuangkan Isi Kepala dalam Tulisan

Ada kutipan menarik dari film dokumenter Stutz tentang menulis: "Menulis bisa mengembangkan hubungan kita dengan diri sendiri. Jika kita mulai menulis, menulis itu seperti cermin. Itu merefleksikan apa yang ada di alam bawah sadar kita, dan menulis dalam bentuk diari bisa mengeluarkan hal yang tak kita ketahui sebelumnya." Kadang kita takut menghadapi ketidakpastian karena ada banyak hal yang kita khawatirkan. Untuk meredakan kekhawatiran dan tidak lagi overthinking, kita bisa menuangkan isi kepala dalam tulisan dan terhubung dengan alam bawah sadar. Saat sudah kembali terhubung dengan diri sendiri, biasanya rasa cemas berlebihan bisa berkurang.

4. Buat Rencana Hidup Sendiri

Membuat dan memiliki rencana sendiri bagai memetakan kehidupan sendiri. Setidaknya dengan memiliki rencana hidup sendiri, kita tahu harus melangkah ke mana untuk mencapai tujuan. Kalaupun tersesat, kita bisa mencari jalan alternatif baru. Ketika dihadapkan pada ketidakpastian hidup pun kita tak gampang panik karena akan selalu bisa menemukan alternatif jalan dan arah baru yang bisa ditempuh.

5. Membuka Diri terhadap Pengalaman Baru

Kurangi overthinking dengan cara membuka diri untuk mencoba hal-hal baru. Mencoba hal baru akan membuat pengalaman kita makin kaya. Makin kaya pengalaman yang dimiliki, makin tenang kita menghadapi perubahan hidup yang baru. Sehingga ketidakpastian hidup pun menjadi hal yang tak perlu ditakuti sebab kita bisa menyikapinya seperti cara kita mencoba hal baru.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba agar tidak gampang overthinking dalam menghadapi ketidakpastian hidup. Semoga bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading