Sukses

Lifestyle

Mantap Nikah Muda? Yuk, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Melakukannya

Fimela.com, Jakarta Kini menikah muda sudah menjadi tren baru bagi banyak anak muda di Indonesia. Mantap membangun keluarga di usia muda nampaknya jadi pencapaian berarti bagi banyak orang. Bahkan sudah banyak juga lho seminar atau workshop yang membahas tentang menikah muda. Selain menjadi inspirasi, mantap menikah di usia muda juga menjadi motivasi bagi setiap orang untuk sukses lebih cepat karena adanya dorongan untuk berkeluarga.

Bahkan di dunia entertainment, para selebriti banyak yang memutuskan untuk menikah muda. Mulai dari Aurel Hermansyah, Dahlia Poland, hingga Nia Ramadhani. Memutuskan untuk menikah, artinya sudah siap untuk hidup bersama, dan siap menerima segala kelebihan dan kekurangannya. Hm, sebelum memutuskan menikah muda, berikut adalah hal-hal yang harus kamu pertimbangkan! Penasaran? Check this out.

1. Siapkan Mental dan Pahami Karakter Pasangan

Saat memutuskan untuk menikah muda, kesiapan psikis dan kedewasaan mental sangatlah penting. Memang dua hal tersebut tidak selalu dipengaruhi oleh umur. Namun, seseorang yang belum dewasa secara usia akan memiliki emosi yang tidak stabil. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh pada usia pernikahan dan bagaimana cara menghadapi pahit manis asam asinnya saat berumah tangga. 

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, perlu sekali dalam mengenal lebih jauh pasangan. Kenalilah dia mulai dari kekurangannya dan kelebihannya. Kamu bisa mendiskusikan hal ini dengan pasangan dan memberikan toleransi padanya. Menikah akan membuatmu bersama terus menerus dengan orang yang sama, jadi pastikan dia adalah orang yang akan membuat kamu nyaman.

2. Memupuk Ilmu Seputar Kehidupan

Sudah pasti yang harus dilakukan untuk berencana menikah muda adalah memupuk ilmu. Ilmu tentang pernikahan, rumah tangga, parenting, keuangan, manajemen emosi, dan masih banyak lagi. Menikah adalah menyatukan dua prinsip yang sangat berbeda. Namun bisa dipersatukan dengan keinginan untuk saling menerima perbedaan dan bersedia menemani dalam setiap perubahan.

Ilmu pun bisa didapat dari berbagai sumber. Misalnya buku, seminar, sampai pengalaman orang lain pun bisa jadikan sumber ilmu. Selagi mencari ilmu, maka pikiran pun akan terbuka semakin lebar. Tanpa disadari, kamu pun akan semakin tahu apa yang harus dilakukan dalam setiap kondisi dan situasi yang dihadapi nantinya.

3. Ingat, Nikah Butuh Modal!

Selain modal ilmu, modal materi pun harus mulai dipersiapkan lho! Meski kamu dan pasangan menginginkan pesta yang sederhana dan nggak memerlukan banyak biaya di dalamnya. Namun, kehidupan rumah tangga nantinya akan sangat bergantung pada ekonomi. Karena itu, sebelum menikah ada baiknya kamu dan pasangan mengetahui bagaimana kondisi finansial masing-masing. 

Setelah itu, perlu menyepakati apakah nantinya hanya suami yang bekerja atau keduanya sama-sama bekerja. Kondisi finansial yang baik tentunya akan meminimalisir risiko konflik rumah tangga, bukan? Bijaklah untuk menabung dalam bentuk apa pun. Di sini kamu dan pasangan akan belajar bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan berdua. 

4. Tujuan Hidup

Memiliki tujuan hidup yang sama dengan pasangan merupakan hal yang penting sebelum memutuskan ke jenjang selanjutnya, yaitu pernikahan. Hal ini bertujuan untuk mencapai harapan dan tujuan saat kamu menikah nanti. Coba bicarakan dengan pasangan secara terbuka dan detail, seperti mau punya anak berapa, mau menyewa apartemen atau tinggal dengan orang tua, serta berbagai cicilan yang nantinya akan diambil.

Membangun rumah tangga adalah seni. Sebab setiap rumah tangga memiliki konsep dan rules yang berbeda antara satu dengan lainnya. So, penting sekali untuk kalian berdua mulai mendiskusikan hal tersebut.

5. Key: Saling Menerima dan Tumbuh Bersama

Kunci dari berumah tangga yang harmonis adalah tentang bagaimana kamu dan pasangan saling menerima kekurangan, mempunyai niat bersama untuk memperbaikinya, dan tidak sombong karena kelebihan satu sama lain. Sebab kamu dan pasangan akan selalu bertemu dan bersama untuk waktu yang sangat lama. Dibutuhkan kesiapan untuk beradaptasi menghadapi semuanya.

So, itu beberapa tips penting nikah muda  yang wajib kamu siapkan. Persiapkan semuanya dengan matang dan penuh perhitungan, ya!

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading