Sukses

Lifestyle

5 Cara Kuatkan Diri saat Lamaran Kerjamu Ditolak

Fimela.com, Jakarta Mencari dan mendapatkan pekerjaan impian tak selalu mudah. Bahkan perjuangan untuk melepas status pengangguran bisa sangat berliku. Menghadapi lamaran kerja yang berulang kali ditolak bisa membuat kita terpuruk dan kehilangan harapan.

Sebelum makin menyerah dan putus asa, yuk coba kuatkan diri lagi. Kamu masih punya kesempatan dan harapan untuk bekerja atau mendapatkan pekerjaan impianmu. Kini, coba kuatkan diri lagi untuk melangkah ke depan.

 

 

1. Perbaiki Kesalahan

Pasti ada alasan atas lamaran kerjamu yang ditolak. Mungkin kualifikasimu belum sesuai atau memang posisinya belum cocok untukmu. Bisa jadi karena kamu memang masih perlu mengasah kemampuan diri dan meningkatkan kemampuan untuk bisa mendapatkan posisi yang diinginkan. Kamu bisa coba meminta masukan dan saran dari orang yang sudah lebih berpengalaman. Bisa juga dengan melakukan review diri untuk memperbaiki kesalahan yang ada.

 

 

2. Kenali Lagi Kelebihan dan Kekuranganmu

Saat lamaran kerjamu ditolak, mungkin kamu akan merasa makin rendah diri. Seakan-akan kamu hanya punya kekurangan dan kelemahan tanpa ada kelebihan. Di sini, cobalah kamu kenali dirimu lagi lebih baik lagi. Kenali lagi kelebihan dan kekurangan dirimu. Dengan begini, kamu bisa tahu aspek apa saja dari dirimu yang perlu ditingkatkan lagi.

 

 

3. Luangkan Waktu untuk Tenangkan Diri

Rasa sedih, kecewa, hingga cemas bisa berkecamuk tidak karuan ketika menghadapi kenyataan lamaran kerja yang berulang kali ditolak. Di sini kamu bisa coba luangkan waktu untuk tenangkan diri. Lakukan hal yang kamu sukai untuk hadirkan kembali rasa nyaman. Sesekali ambil jeda untuk rehat atau istirahat bisa bantu isi ulang energimu untuk kembali melangkah ke depan.

 

4. Cari Mentor atau Panutan

 

Untuk bisa tetap kuat dan tidak patah semangat, kamu bisa coba cari mentor. Bisa juga mencoba mengikuti jejak panutanmu. Saat kamu merasa tak bisa menghadapi situasi yang ada sendirian, kamu bisa coba cari bantuan dari orang lain yang memang bisa menjadi pembimbing atau pemandumu.

 

 

5. Minta Doa dan Dukungan dari Orang Terdekat

Cobalah untuk meminta lebih banyak doa dan restu dari kedua orangtua. Bisa juga meminta dukungan dari orang-orang terdekat yang ada di dalam hidupmu. Doa dan dukungan mereka bisa menghadirkan semangat untuk membantumu bertahan di masa sulit memperjuangkan pekerjaan yang diinginkan.

Semoga kamu yang saat ini sedang berjuang mendapatkan pekerjaan yang diinginkan bisa segera mendapatkan kesempatan yang terbaik, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading