Sukses

Lifestyle

5 Cara Hidup Bahagia dengan Menjadi Perempuan Mandiri

Fimela.com, Jakarta Menjadi perempuan mandiri bukan berarti bersikap egois. Bukan berarti kita tak butuh orang lain, melainkan kita mengupayakan hal-hal terbaik dalam hidup tanpa harus selalu merepotkan atau menyusahkan orang lain. Bahkan kita bisa membuat hidup jadi terasa lebih bermakna dengan meningkatkan kemandirian.

Kita pun bisa makin bahagia menjalani hidup sebagai perempuan mandiri. Caranya bisa dimulai dari hal-hal berikut ini. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Raih Kesempatan Mencoba Hal Baru

“You gain strength, courage and confidence by every experience in which you really stop to look fear in the face. You are able to say to yourself, 'I have lived through this horror. I can take the next thing that comes along.' You must do the thing you think you cannot do.” - Eleanor Roosevelt

Mencoba hal baru bisa memperkaya jiwamu. Pengalaman hidup yang makin kaya bisa membuatmu jadi lebih kuat dalam menjalani hidup. Bahkan membantumu untuk bisa lebih mudah berdamai dengan ketidakpastian dan ketidaksempurnaan. Hidup yang makin berwarna pun jadi terasa lebih menyenangkan.

2. Kelola Stres dengan Lebih Baik

"You can have it all. Just not all at once.” - Oprah Winfrey

Stres dan tekanan hidup tak selamanya bisa dihindari. Ketika harus dihadapi, stres itu perlu dikelola dan diredakan sesuai dengan kemampuan kita. Temukan metode atau caramu sendiri untuk tenangkan diri dalam menghadapi situasi tak menyenangkan. Dengan begini, kamu tidak akan gampang terpuruk ketika mengalami kegagalan atau menghadapi kenyataan yang tak sesuai harapan.

3. Beranikan Diri Melakukan Hal Berbeda

“When one door of happiness closes, another opens; but often we look so long at the closed door that we do not see the one which has been opened for us.” - Helen Keller

Menjadi mandiri kita perlu senantiasa siap membuat dan mengambil pilihan yang bisa kita pertanggungjawabkan dengan baik. Pilihan hidup yang diambil tak harus sama dengan orang lain. Bahkan kadang mengambil pilihan yang berbeda akan menghadirka petualangan yang lebih menyenangkan. Hidup pun bisa menyenangkan dan membahagiakan dijalani karena bisa puas dengan pilihan yang diambil sendiri.

4. Ikhlaskan Hal-Hal yang Terjadi di Luar Kendali Diri

"I am no longer accepting the things I cannot change. I am changing the things I cannot accept." - Angela Davis

Menjadi mandiri bisa membuat kita makin mengenali diri sendiri dan kehidupan yang kita jalani. Untuk bisa lebih bahagia, tak hanya mengikuti ambisi menggapai hal-hal yang diinginkan. Kadang kebahagiaan justru didapatkan dari mengikhlaskan dan merelakan hal-hal yang terjadi di luar kendali diri.

5. Optimalkan Kelebihan Diri

"Life is not easy for any of us. But what of that? We must have perseverance and above all confidence in ourselves. We must believe that we are gifted for something and that this thing must be attained." - Marie Curie

Sikapi kekurangan dan kelemahan dengan sebijak mungkin. Anggap itu sebagai motivasi untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Lalu, imbangi dengan upaya memaksimalkan dan mengoptimalkan kelebihan yang dimiliki. Kebahagiaan bisa hadir saat kita bisa menghadirkan manfaat atau kebaikan dari hal-hal yang bisa kita lakukan.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba agar bisa makin bahagia menjalani hidup sebagai perempuan mandiri. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading