Sukses

Lifestyle

5 Cara Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu tanpa Merasa Tertekan

Fimela.com, Jakarta Menghadapi deadline demi deadline yang harus dipenuhi bisa membuat kita merasa stres. Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan memenuhi setiap tenggat pekerjaan kadang membuat kita kewalahan sendiri. Kali ini, kita akan bahas strategi sederhana yang bisa dicoba untuk menangani tenggat pekerjaan dengan lebih baik.

Mengutip buku The Introvert Advantage, kapanpun tenggat waktu yang kita dapatkan, mulailah dengan memecah-mecahkan tugas ke dalam beberapa bagian yang lebih kecil. Berikut ini ada strategi sederhana yang bisa dicoba untuk menyelsaikan pekerjaan tepat waktu.

1. Catat Tenggat Waktu

Ada tenggat pekerjaan yang harus dipenuhi, coba catat di buku, jurnal, atau di aplikasi ponsel. Dengan mencatat tenggat waktu yang jelas, kita bisa lebih mudah membagi tugas atau pekerjaan yang ada ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil. Sehingga kita tak langsung merasa stres ketika dihadapkan pada sebuah tenggat waktu karena itu bisa dicapai dengan menyelesaikannya sedikit demi sedikit.

 

 

2. Tulis yang Harus Dicapai Setiap Hari

Tentukan sebuah proyek spesifik untuk dikerjakan pada saat energi kita sedang berada di puncak. Tulis hal-hal yang harus dicapai setiap hari. Tak harus memaksakan diri menyelesaikan semua hal dalam satu waktu bersamaan agar tidak kewalahan dan malah makin stres.

 

 

3. Sisakan Ruang untuk Interupsi yang Tidak Diharapkan

Siapkan waktu cadangan di jadwal untuk mencapai tenggat pekerjaan. Sisakan cukup ruang dalam jadwal untuk pekerjaan dan interupsi yang tidak diharapkan. Antisipasi gangguan atau interupsi yang bisa menghambat kita memenuhi tenggat pekerjaan.

 

 

4. Hindari Sikap Mengkritik Diri Sendiri

Kalau tidak mencapai semua yang kita rencanakan setiap hari, tak perlu mengkritik diri sendiri. Cobalah untuk membagi ulang tugas ke dalam bagian yang lebih besar untuk beberapa hari ke depan dan terus bekerja.

 

 

5. Siapkan Hadiah untuk Diri Sendiri

Biar makin semangat menyelesaikan pekerjaan yang ada, cobalah untuk menyiapkan hadiah untuk diri sendiri. Membeli buku, makan makanan kesukaan, menonton film, makan kue, atau menonton film kesukaan bisa direncanakan dan dilakukan setelah menyelesaikan pekerjaan yang ada. Dengan begini, motivasi untuk bisa memenuhi tenggat pekerjaan bisa tetap terjaga dengan baik.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa rasa tertekan berlebihan. Semoga bisa jadi tambahan informasi yang bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading