Sukses

Lifestyle

4 Metode Self Care untuk Menghilangkan Kecemasan Sebelum Tidur, Jaga Mental Health Tetap Positif

Fimela.com, Jakarta Waktu tidur di malam hari merupakan momen yang penting untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran agar energi bisa kembali pulih keesokan harinya. Namun, bagi kamu yang mudah cemas, hal tersebut bisa jadi tantangan tersendiri. Nggak bisa dipungkiri, momen sendirian menjelang tidur bisa membawamu pada berbagai pikiran negatif yang memicu perasaan cemas dan takut tentang apa yang akan terjadi.

Sering mengalami hal tersebut, Sahabat Fimela? Demi menjaga mental health tetap positif, beberapa ide self care ini bisa dilakukan menjelang tidur. Apa saja sih?

Menulis Jurnal Harian

Salah satu cara ampuh yang bisa membantu meredakan berbagai pikiran negatif adalah berbagi cerita dengan orang lain. Namun, jika kamu tergolong introvert yang tidak suka berbagi cerita, menuliskan berbagai keluh kesah yang ada lewat jurnal harian bisa jadi ide yang baik.

Kalau kamu pikir menulis diary merupakan cara yang jadul, salah banget. Kegiatan ini masih dianggap menjadi salah satu terapi untuk mengungkapkan perasaan. Dengan begitu, bisa membantu mengurangi beban yang ada. Cara ini juga dapat membantu pikiran lebih rileks.

Mewarnai

Pernah kepikiran nggak sih untuk melakukan self care dengan mewarnai sesuatu? Kegiatan yang satu ini bukan hal yang bisa dilakukan anak-anak saja. Mewarnai juga memberikan banyak manfaat untuk orang dewasa kok. Salah satunya adalah menyingkirkan stres dan kecemasan.

Dilansir dari situs Mayo Clinic, kegiatan ini dapat melatih mindfulness, atau kemampuan untuk fokus dan ada di momen saat ini. Dengan belajar fokus pada momen saat ini, pikiran akan lebih tenang dan rileks. Hal ini juga bisa membantu tidur malam lebih nyenyak karena melatih pikiran agar lebih fokus dan tenang.

Membaca Buku

Metode self care lainnya yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecemasan adalah dengan membaca buku. Menurut sebuah studi, membaca bisa membantu membuat tubuh semakin rileks, menurunkan detak jantung hingga mengendurkan otot yang kaku.

Khusus kamu yang memiliki masalah kecemasan, pemilihan tema buku juga sangat menentukan. Lakukan self care dengan buku-buku bertema psikologi populer, misalnya yang membahas tips relaksasi atau motivasi. Dengan ilmu baru yang kamu dapatkan dari buku, pasti bisa membantu menurunkan kecemasan.

Install White Noise Application

White noise adalah suara-suara yang dianggap dapat memberikan efek ketenangan saat didengarkan. Nah, dalam beberapa penelitian, white noise dianggap dapat membantu meningkatkan kualitas tidur jadi lebih baik. Namun, hasilnya sebenarnya tergantung dengan kondisi masing-masing.

Suara yang dimaksud sebagai white noise ini misalnya suara jangkrik yang terdengar saat malam hari, hujan yang turun, atau deburan ombak. Meskipun berisik, tapi suara tersebut dapat membantu menenangkan pikiran dan bisa jadi pilihan untuk kamu yang memiliki masalah kecemasan.

Selain melakukan berbagai self care di atas, jangan lupa ciptakan juga lingkungan tidur yang nyaman di dalam rumah. Misalnya dengan menjaga agar kasur tetap rapi hingga menggunakan pengharum ruangan yang memiliki efek relaksasi. Pilih pengharum ruangan yang memiliki formula lavender karena wanginya menenangkan dan mampu menjaga ruangan tetap harum hingga 8 jam, sehingga tidur malam bisa semakin nyenyak.

Selamat mencoba ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading