Sukses

Lifestyle

6 Tips Mengelola Gaji Pertama Biar Nggak Cepat Habis

Fimela.com, Jakarta Menemukan pekerjaan pertama membawa rasa lega dan sukses. Terutama setelah Sahabat Fimela mencari pekerjaan selama berbulan-bulan, memanfaatkan setiap peluang jaringan, wawancara, dan pengiriman lamaran. Ini juga membawa tanggung jawab baru, karena kamu sekarang harus belajar mengelola gaji bulanan dengan mengembangkan kebiasaan keuangan yang baik yang akan menguntungkanmu selama hidup.

Belajar mengelola gaji pertama dapat membantumu mengatur untuk gaji di masa depan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantumu untuk mengelola gaji pertama dengan baik. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Buat Anggaran

Hal pertama dan terpenting yang harus kamu lakukan adalah membuat anggaran. Ini berarti kamu harus memiliki strategi untuk membelanjakan uang. Kamu harus tahu berapa banyak uang yang kamu miliki dan bagaimana uang itu akan dibagikan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Intinya, penganggaran membantumu membangun manajemen pendapatan yang efektif.

2. Tetapkan Tujuan Keuangan

Menetapkan tujuan keuangan jangka pendek, menengah, dan panjang adalah langkah penting menuju keamanan finansial. Kamu lebih cenderung membelanjakan lebih dari yang seharusnya jika kamu tidak berupaya mencapai tujuan yang ditentukan. Sangat penting untuk menyadari tujuan keuanganmu sambil mengingat semua tujuan keuanganmu. Mengetahui strategi keuangan sangat penting karena tujuan keuangan setiap orang berbeda. Tujuan keuangan dapat mencakup rencana pensiun, pendidikan anak, pernikahan, dan pembelian properti, untuk beberapa nama.

3. Rencana Pengeluaran

Kamu memiliki anggaran, tetapi kamu masih perlu memikirkan cara membelanjakan dengan bijak. Rencanakan biayamu, sehingga tidak melebihi jumlah yang telah kamu sisihkan untuk setiap item. Juga, untuk menghindari kekurangan uang sebelum akhir bulan, cobalah untuk membelanjakan lebih sedikit dari yang kamu hasilkan.

4. Putuskan untuk Menabung

Menyimpan uang pada gaji pertama akan menempatkanmu pada posisi yang lebih baik ketika kamu seorang profesional. Semakin cepat kamu mulai menabung di tempat kerja, semakin banyak waktu yang kamu miliki untuk melihat uang meningkat secara dramatis. Hitung berapa banyak gaji yang harus digunakan untuk tabungan. Tentukan apa yang kamu hemat untuk membantumu membiasakan diri menabung. Jika kamu merasa tidak memiliki cukup uang untuk ditabung, lihat pengeluaranmu secara kritis.

5. Jadikan Menabung Sebagai Kebiasaan

Jadikan menabung sebagai kebiasaan, tentukan besaran yang bisa kamu tabungkan. Meskipun tidak banyak jika dilakukan dengan rutin, maka tabungan akan semakin banyak dan ini akan menjadi kebiasaanmu.

6. Buat Dana Darurat

Keamanan dan ketenangan pikiran yang dapat diberikan oleh dana darurat adalah alasan untuk memilikinya. Kamu akan memiliki dana cadangan untuk dimanfaatkan jika kamu menghadapi pengeluaran tak terduga di masa depan, seperti tantangan kesehatan yang signifikan atau kehilangan pekerjaan. Sebagai aturan umum, kamu harus bertujuan untuk menghemat pengeluaran selama enam bulan dalam dana darurat, meskipun ini dapat bervariasi berdasarkan di mana kamu tinggal dan situasi  keluarga.

Well, belajar mengelola keuangan dengan baik dan benar bisa kamu lakukan sejak awal. Bahkan dengan menerapkan kebiasaan keuangan yang baik ini tidak akan ada ruginya. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading