Sukses

Lifestyle

Penyebab Layar HP Mati Tiba-tiba serta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (HP) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer.

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau HP juga punya kelemahan. Tidak jarang setelah digunakan selama beberapa waktu, layar HP tiba-tiba mati padahal mesinnya masih hidup. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Apa saja? Yuk simak penyebab layar hp tiba-tiba mati serta cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Layar HP Mati

Banyak penyebab yang membuat layar HP hitam meskipun sebenarnya HP tersebut nyala. Hal itu bisa disebabkan layar HP yang rusak atau pecah, kemudian juga karena HP error dan lagging.

HP yang terlalu panas, misalnya karena overheating atau karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari juga bisa menyebabkan layarnya jadi mati meskipun mesinnya masih menyala. Terlalu lama di dalam air juga bisa menyebabkan layar HP mati. Mungkin saja kamu tidak sengaja menjatuhkan HPmu ke air lalu kamu terlalu lama mengambilnya, nah hal itulah yang menyebabkan layar HPmu mati.

Cara Mengatasinya

1. Periksa HP

Sebelum mulai melakukan perbaikan, tentu saja kamu harus mengetahui penyebab layar HP mati. Pastikan layar tidak retak, terkelupas, atau rusak. Jika kamu menggunakan casing atau pelindung layar, lepas aksesori tersebut. Casing bisa menjadi penyebab HP error karena menyebabkan panas terhenti. Jika kamu menempelkan stiker pada layar atau sensor, lepas stiker tersebut. Pastikan juga layar bersih. Kedua hal tersebut bisa mengganggu fungsi lockscreen.

2. Restart HP

Setelah memeriksa HP, cobalah untuk restart HP. Walaupun mungkin tidak ada keterangan yang muncul di layar karena layarnya mati, kamu bisa menekan tombol power hingga terasa bergetar. Tunggu beberapa saat, kemudian tekan tombol power lagi hingga bergetar lagi. Jika tidak ada masalah, maka HP akan hidup kembali dan berjalan normal.

3. Perbaiki ke teknisi

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawa HPmu ke service center untuk kemudian diperiksa dan diperbaiki. Tentunya teknisi tahu bagian mana yang bermasalah dan akan memperbaiki sesuai dengan permasalahannya.

Itulah beberapa penyebab layar HP mati padahal mesinnya hidup serta cara mengatasinya. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading