Sukses

Lifestyle

4 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja, Fresh Graduate Wajib Tahu

Fimela.com, Jakarta Seringkali saat pertama kali mengirim surat lamaran kerja terjadi penolakan, salah satu penyebab utama lamaran kerja yang ditolak karena para kandidat tidak memiliki kualifikasi yang sesuai. Tak hanya itu terkadang lamaran kerja yang ditolak kerena masalah berkas atau dokumen yang dikirim kepada HRD.

Hal sepele satu ini ternyata dapat mempengaruhi penilaian awal pada masa pemberkasan dokumen lho! Tak hanya membutuhkan skill maupun pengalaman kerja yang mumpuni ternyata hal yang harus dipersiapkan dalam mendaftar pekerjaan adalah surat lamaran. Surat lamaran kerja juga harus baik dan benar agar memiliki peluang untuk diterima dalam perusahaan impian.

Berkas penting satu ini wajib dan harus dipersiapkan saat ingin mengirim lamaran kerja bersama Curicullum Vitae (CV). Surat lamaran kerja sendiri berisi pengalaman kerja dan highlight mengapa kamu ingin bergabung dalam suatu perusahaan. Bagi para fresh graduate yang ingin terjun dalalam dunia kerja, penting untuk mengetahui cara membuat surat lamaran kerja sebagai berikut:

1. Kepala Surat

Dalam bagian pertama satu ini yaitu kepala surat biasanya kamu harus menuliskan nama penerima surat, nama perusahaan, dan alamat perusahaan. Tak harus memberikan logo atau kop surat yang formal, kamu harus mencantumkan tanggal, nama penerima, nama perusahaan, dan alamat perusahan.

2. Pengenalan

Bagian satu ini sangat penting dan harus kamu cantumkan dalam surat lamaran kerja karena dapat membangun kesan pertama untuk HRD. Tentu saat ingin keterima kerja harus memiliki kesan pertama yang baik untuk HRD, kamu juga dapat memasukkan beberapa hal dalam bagian pengenalan seperti berikut:

  • Salam Pembuka.
  • Perkenalan Diri.
  • Alasan Melamar Kerja.
  • Menuliskan darimana mengetahui lowongan pekerjaan.

3. Kualifikasi

Bagian satu ini sangatlah penting dalam membuat surat lamaran kerja, pada bagian ini menjadi salah satu kesempatan kamu untuk menghighlit siapa diri kamu dimana HRD. Selain itu bagian ini menjadi bagian yang harus menonjolkan sisi dirimu yang baik dalam pekerjaan, berikut beberapa hal yang harus kamu highlight dalam bagian ini:

  • Pencapaian terbesar secara kuantitatif.
  • Skill maupun keterampilan yang relevan dengan pekerjaan.
  • Cara berpartisipasi atau membantu perusahaan berkembang.
  • Memberikan penjelasan untuk mempelajari hal baru.

4. Penutup

Bagian penutup merupakan salah satu bagian akhir dalam pembuatan surat lamaran kerja, dalam bagian satu ini kamu dapat mengekspresikan ketertarikan maupun harapan untuk mendapatkan panggilan kerja di perusahaan tersebut. Selain itu juga dapat menyebutkan beberap dokumen yang harus dipersiapkan seperti CV maupun Portofolio. Jangan lupa untuk memberikan terimakasih atas waktu yang sudah diluangkan untuk HRD.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Perihal : Lamaran Kerja

 

Yogyakarta, 22 Februari 2022

Kepada Yth,

Bapak/Ibu HRD Manager PT. Wijaya Group

Jl. Sadewa No 44, Yogyakarta

 

Dengan hormat,

 

Perkanalkan, nama saya Lestari Betari, seorang fresh graduate dari Universitas Gadjah Mada jurusan Ilmu Komunikasi.  Adanya informasi lowongan pekerjaan untuk posisi Social Media Specialist yang saya dapatkan di website wijaya.career, dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Staf Social Media Specialist di PT. Wijaya Group.

Saya memiliki pengalaman magang di suatu digital marketing agency di Yogyakarta selama 6 bulan. Bekerja di bidang ini saya berusaha untuk mengasah kemampuan saya untuk berpikir kreatif serta inovatif, menyusun strategi kampanye sosial media, membuat planning konten, dan mulis copywiriting untuk setiap postingan sosial media. Pencapaian terbesar yang pernah saya raih seperti mengeksekusi sebuah kampanye yang menghasilkan kenaikan jumlah followers sosial media klien sebesar 30% dalam waktu 3 minggu.

Sya merupakan seseorang yang sangat senang mencoba berbagai hal baru seperti mengikuti tren pasar sosial media, sehingga memudahkan saya untuk berkembang dalam membuat suatu konten. Saya yakin pengalaman maupun keterapilan saya miliki dapat membantu untuk perkembangan Wijaya Group ke depannya.

Bersamaan dengan surat ini saya juga melampirkan CV, portofolio, dan ijazah. Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci mengenal potensi dan kemampuan saya. Demikian surat lamaran ini, terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah Bapak/Ibu luangkan.

Hormat saya,

Lestari Betari.

 

Semoga informasi tentang cara membuat surat lamaran kerja dapat membantu kamu untuk melakukan proses pelamaran kerja di perusahaan. Selain itu untuk membuat surat lamaran ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu agar lebih mengenal perusahaan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading