Sukses

Lifestyle

5 Cara Tetap Bahagia saat Hidup Pas-pasan dan Tak Direndahkan Orang

Fimela.com, Jakarta Menjalani hidup yang masih serba pas-pasan memang tak mudah. Untuk membeli atau membelanjakan uang, kita harus berpikir dua kali. Bahkan kita harus lebih jeli dan teliti dalam mengatur keuangan.

Di tengah hidup yang serba pas-pasan, rasanya kita menjadi manusia yang paling merana. Kita pun makin mengasihani diri sendiri dan seperti makin sulit bahagia. Namun, untuk bisa bahagia tak harus menunggu segalanya menjadi serba mewah atau memiliki semua yang serba mahal. Kita pun bisa tetap bahagia menjalani hidup yang sederhana dan tak direndahkan orang lain. Caranya bisa dimulai dari hal-hal berikut ini.

 

 

1. Sadari bahwa Memuaskan Keinginan Semua Orang Itu Mustahil

Mengutip buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang, "Kita hidup dengan berbagai macam keinginan dan hubungan. Manusia hanya mencoba menyesuaikan diri dengan harapan orang lain, atau tuntutan kondisi eksternal, tetapi manusia seharusnya lebih baik dari itu." Sadari bahwa kita tak bisa memenuhi keinginan semua orang. Orang yang merendahkan kita mungkin menganggap kita lebih buruk dari mereka, tapi itu bisa saja karena mereka sedang punya permasalahan sendiri dalam kehidupan pribadi mereka. Daripada makin stres memikirkan omongan orang, mending fokus jalani kehidupan sendiri sebaik mungkin.

 

 

2. Ambil Hikmah Terbaik dari Pengalaman yang Ada

Mungkin saat ini kamu sedang memperjuangkan sesuatu. Atau ada hal yang perlu kamu tuntaskan dan selesaikan lebih dulu. Sehingga kamu memilih untuk hidup serba pas-pasan agar hal tersebut tercapai. Di sini kamu bisa coba untuk mengambil hikmah dan pelajaran terbaik dari pengalaman yang ada. Anggap saja semua pengalaman ini nantinya akan membentuk mentalmu jadi lebih kuat lagi.

 

 

3. Fokus Tekuni Hal yang Memberi Kepuasan Batin

Biarlah orang berkata apa, yang penting kamu bisa tetap fokus menjalani hidupmu sebaik mungkin. Kamu bisa bahagia saat masih memiliki kepuasan batin melakukan sesuatu. Jadi, tetaplah lakukan hal-hal yang bisa membuat dirimu merasa berarti. Walau itu sesuatu yang masih kecil atau sederhana, selama itu bisa menghadirkan senyuman di wajahmu maka yakin saja kamu akan tetap bisa menemukan kebahagiaan dalam keseharian.

 

 

4. Tanggapi Cibiran dengan Lelucon atau Candaan

Agar tak direndahkan orang lain kadang kita perlu lebih berani berucap atau membuat batasan. Kalau ada yang mencibirmu karen meremehkanmu, kamu bisa coba jujur mengutarakan rasa tak sukamu. Atau kalau kamu masih ingin berusaha mencairkan suasana, kamu bisa menanggapinya dengan lelucon atau candaan.

 

 

5. Teguhkan Keyakinan untuk Mencapai Tujuanmu

Di tengah hidupmu yang masih serba pas-pasan, satu hal yang bisa membuatmu bertahan adalah masih adanya harapan. Teguhkan keyakinan bahwa kamu bisa mencapai tujuanmu. Perkuat harapan bahwa hal-hal yang sedang kamu upayakan saat ini bisa berbuah manis. Dengan begini, setidaknya kamu tidak akan gampang terpuruk bila ada yang memandangmu sebelah mata sebab di dalam dirimu ada hati yang luar biasa tegar.

Itu tadi lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk tetap bahagia menjalani keseharianmu. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading