Sukses

Lifestyle

Self Preparation yang Wajib Dilakukan Sebelum Menggunakan Makeup

Fimela.com, Jakarta Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat.

Penampilan biasa dilihat dari pakaian yang kamu kenakan. Pakaian yang kamu gunakan pun bisa jadi menarik kalau kamu mengenakan pakaian yang sesuai, baik sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan atau sesuai warnanya. Namun penampilan juga bisa juga dinilai dari riasan atau makeup yang kamu gunakan.

Dalam menggunakan makeup, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah produk yang digunakan untuk mempersiapkan wajah sebelum menggunakan makeup. Tidak hanya produk makeup yang digunakan saja yang perlu diperhatikan, produk yang digunakan untuk mempersiapkan wajah sebelum memakai makeup juga perlu kamu perhatikan.

Tidak hanya produknya saja, tapi cara pemakaiannya juga perlu diperhatikan. Produk-produk ini perlu kamu gunakan agar makeup yang kamu gunakan bisa terlihat lebih bagus. Apa saja yang perlu digunakan dan bagaimana cara pengaplikasikannya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Bersihkan wajah

Seperti halnya ketika akan menggunakan skincare, menggunakan makeup sebelumnya perlu didahului dengan membersihkan wajah. Wajah yang bersih tentunya akan menghasilkan makeup yang lebih mulus dan hasilnya lebih bagus.

Gunakan saja pembersih wajahmu seperti yang biasa kamu gunakan. Atau kalau kamu tidak ingn mencuci muka berkali-kali, kamu bisa cukup membersihkannya menggunakan toner atau micellar water.

2. Hydrating toner

Langkah yang satu ini tidak kalah pentingnya dengan tahap yang lain. Hydrating toner wajib kamu gunakan setelah kamu selesai membersihkan wajahmu. Hal ini ditujukan agar kelembapan pada kulitmu terpenuhi dan kulitmu tidak lagi kering. Oleh karena itu, hydrating toner tidak boleh diskip untuk pemilik kulit kering.

Namun bagi pemilik kulit berminyak, kamu pun wajib menggunakan hydrating toner juga. Penggunaan hydrating toner tidak akan membuatmu tambah berminyak. Justru hydrating toner akan membuatmu kulitmu lembab dan kadar minyakmu jadi lebih terkontrol. Jadi makeupmu pun jadi lebih awet dan tidak berminyak.

3. Gunakan eye serum

Terkadang area mata sering terlupakan karena dirasa ketika menggunakan skincare, bagian mata secara otomatis dianggap sudah dirawat juga. Padahal kamu juga perlu memperhatikan area matamu secara khusus.

Gunakanlah krim atau serum mata untuk area bagian mata. Penggunaan produk khusus area mata bertujuan agar area mata lembab dan makeup tidak mudah cracking di area tersebut.

4. Jangan lupakan pelembab

Tidak hanya area mata, area wajah pun perlu dijaga kelembapannya. Kamu tidak mau kan, makeupmu crack dan membuatmu terlihat seperti ada retakan-retakan di wajahmu? Setiap orang pasti ingin makeup yang digunakan di wajahnya terlihat mulus. Nah pelembab bisa membantu makeupmu agar terlihat lebih mulus dan tidak cracking. Bahkan pelembab juga penting untuk pemilik kulit berminyak karena dengan kondisi wajahmu yang sudah cukup lembab, maka wajah akan mengontrol produksi minyak secara otomatis.

5. Sunscreen is a must!

Satu-satunya waktu kamu boleh skip sunscreen adalah ketika malam hari. Jadi kalau kamu ingin menggunakan makeup di pagi atau siang hari, kamu tetap harus menggunakan sunscreen. Meskipun produk makeup yang kamu gunakan sudah mengandung SPF, namun itu saja tidak cukup melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV dari sinar matahari.

Namun penggunaan sunscreen memang cukup tricky. Mungkin kamu pernah merasakan ketika menggunakan sunscreen, makeup justru pilling atau terdapat buliran-buliran yang ada di wajah jika kamu menyentuh wajah. Nah untuk menghindari pilling, kamu bisa pilih sunscreen yang teksturnya cair dan mudah meresap. Selain itu, ketika menggunakan skincare jangan langsung timpa dengan skincare lainnya. Tunggulah beberapa saat sampai produk tersebut meresap dan baru timpa dengan produk lainnya.

Itu dia beberapa tahapan skin preparation yang wajib kamu lakukan sebelum menggunakan makeup. Bila penggunaannya benar, kamu akan mendapatkan hasil makeup yang flawless dan mulus sesuai dengan keinginanmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading