Sukses

Lifestyle

Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut Ketika Bangun Tidur

Fimela.com, Jakarta Mulut terasa pahit ketika bangun tidur pasti terasa tidak nyaman. Mungkin kamu sering mengalaminya. Namun pernahkah kamu berpikir, apa sih yang menyebabkan mulut jadi terasa pahit ketika bangun tidur?

Biasanya rasa pahit di mulut ketika bangun tidur akan hilang dengan sendirinya ketika kamu sudah makan, minum atau sikat gigi. Namun tidak jarang juga rasa pahit itu tidak hilang juga walaupun kamu sudah beraktivitas.

Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa pahit di mulut ketika bangun tidur dan apa sih yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Rasa Pahit di Mulut

Mulut yang terasa pahit bisa disebabkan karena makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Bisa jadi residu atau sisa-sisa dari makanan atau minuman tersebut menempel di mulutmu, sehingga rasa pahitnya pun masih bisa kamu rasakan setelah kamu bangun tidur.

Kondisi mulut yang kering juga bisa membuatmu merasakan rasa pahit di mulut. Selain itu, mulut yang tidak sehat, misalnya sariawan juga bisa menyebabkan munculnya rasa pahit di mulut.

Ada juga masalah kesehatan tertentu yang menjadi penyebab munculnya rasa pahit di mulut, yaitu burning mouth syndrome. Kondisi ini terjadi akibat masalah pada saraf sensoris (saraf penerima rangsangan) dari sistem saraf perifer atau saraf pusat.

Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut

1. Berkumur dengan soda kue

Soda kue ternyata dapat membantu menetralkan rasa pahit di mulut. Kamu bisa melakukannya sebelum makan agar rasa makanan tidak terpengaruh oleh rasa pahitnya.

Caranya, larutkan 1/4 sendok teh baking soda dan 1/2 sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kumur-kumurlah dengan larutan tersebut, lalu bilas mulut dengan berkumur menggunakan air bersih.

2. Menyikat lidah

Rasa pahit yang muncul di mulut bisa jadi terjadi karena adanya bakteri yang tumbuh di mulut. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan menyikat lidah.

Lakukan ini secara rutin agar bakteri tidak datang kembali dan berkembang biak di mulut. Gunakan sikat yang memang khusus untuk menyikat lidah dan jangan gunakan sikat gigi ya, Sahabat Fimela.

3. Perbanyak minum air putih

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mungkin saja rasa pahit yang muncul di mulutmu itu karena kondisi mulutmu yang kering. Kalau sudah begini, maka untuk mengatasinya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Pastikan jumlah air putih yang kamu konsumsi cukup dan jangan sampai berlebihan ya.

4. Kunyah permen karet dan hindari kebiasaan buruk

Kalau rasa pahit di mulut tak hilang juga, kamu bisa coba kunyah permen karet. Pilihlah permen karet yang bebas gula dan memiliki rasa buah-buahan atau mint.

Hindari juga kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin saja menjadi pemicu timbulnya rasa pahit di mulut, seperti merokok, minum kopi ataupun alkohol.

5. Periksa ke dokter

Jalan terakhir ketika semua cara sudah kamu tempuh namun rasa pahit itu tidak kunjung hilang adalah dengan periksa ke dokter. Dokter akan menanganimu sesuai dengan keluhanmu, kemudian memberikan diagnosanya. Setelah itu dokter pastinya akan segera memberikan obat sesuai dengan diagnosanya agar rasa pahit yang kamu rasakan tidak semakin parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading