Sukses

Lifestyle

Mesin Cuci Bukaan Atas vs Depan, Mana yang Sebaiknya Dipilih untuk di Rumah?

Fimela.com, Jakarta Mesin cuci di rumah sudah bertahun-tahun digunakan dan mulai menunjukkan tanda-tanda harus segera dipensiunkan? Well, ini bisa jadi momen yang tepat untuk beli yang baru, mengingat teknologi mesin cuci yang juga semakin canggih. Berbagai produk terbaru menghadirkan fitur unggulan yang bisa memudahkan proses mencuci yang lebih bersih dan antibakteri.

Namun, masih dibuat bingung sebaiknya pilih mesin cuci bukaan atas atau bukaan depan ya? Kenali dulu perbedaan mesin cuci bukaan atas vs depan dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Desain dan Ukuran

Salah satu perbedaan paling mendasar yang bisa jadi pertimbangan awal saat akan membeli mesin cuci adalah desain dan ukuran. Mesin cuci bukaan atas umumnya memiliki desain yang lebih ramping. Tipe mesin cuci ini cocok untuk kamu yang memiliki rumah space terbatas.

Sementara itu, mesin cuci bukaan depan biasanya memiliki desain yang sedikit lebih lebar, biarpun beberapa model biasanya sudah dibuat dengan lebih compact. Jenis yang satu ini juga memiliki kedalaman mesin yang lebih tebal dibandingkan bukaan atas, karena desainnya bukaan depan.

Daya Mencuci

Hal selanjutnya yang pasti jadi pertimbangan tentu saja daya mencuci. Sebagian besar mesin cuci terbaru memang memiliki kemampuan membersihkan pakaian dengan baik. Namun, hal yang jadi pembeda adalah kemampuan dalam membersihkan noda membandel di tengah beban pakaian mencuci yang cukup banyak.

Mesin cuci bukaan depan biasanya lebih unggul dalam poin yang satu ini. Hal tersebut disebabkan karena inovasi fitur yang lebih lengkap. Misalnya saja steam cycle atau uap panas yang dapat membantu menghilangkan noda dan virus serta kecepatan putaran tabung yang lebih tinggi. Ada juga fitur lain seperti opsi suhu air hingga tipe mencuci yang bisa disesuaikan kebutuhan.

Sementara itu, mesin cuci bukaan atas memang juga sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih. Namun, harus diakui jika tidak selengkap seperti yang dimiliki mesin cuci bukaan depan. Kemampuan putaran mesinnya juga terbatas, sehingga mempengaruhi hasil dalam membersihkan noda membandel.

Waktu Siklus dan Kebisingan

Pertimbangan lain yang perlu dipikirkan adalah waktu siklus dan kebisingan selama proses mencuci. Jika ingin waktu pencucian yang lebih cepat, waktu siklus mesin cuci bukaan depan tidak secepat itu. Hal ini karena mesin cuci bukaan atas memiliki siklus pencucian yang lebih kompleks. Selama prosesnya, drum akan memyrar pakaian dan air masuk serta keluar dari tabung.

Namun dalam hal kebisingan selama proses mencuci, mesin cuci bukaan depan cenderung lebih senyap dibandingkan dengan bukaan atas. Pada beberapa brand juga memiliki mode senyap sehingga kamu bisa mencuci di malam hari tanpa mengganggu kenyamanan tidur.

Harga

Terakhir, hal yang perlu dipertimbangkan adalah harga. Mesin cuci bukaan depan biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Namun, fitur yang dimiliki jelas lebih lengkap dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan mencuci.

Namun, jika ingin harga yang lebih terjangkau, mesin cuci bukaan atas harganya lebih terjangkau dan bisa disesuaikan kantong. Namun dari segi fitur memang tidak selengkap yang dimiliki mesin cuci bukaan depan.

Jadi, sudah menemukan mana mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhanmu, Sahabat Fimela? Jangan lupa untuk memilih mesin cuci berkualitas dengan fitur lengkap yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Lakukan perawatan yang tepat juga agar mesin cuci awet bisa digunakan tahan lama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading