Sukses

Lifestyle

5 Cara Merawat Baju Bahan Katun Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Fimela.com, Jakarta Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat.

Penampilan bisa dilihat dari pakaian yang kamu kenakan, sepatu maupun riasan makeup atau gaya rambutmu. Pakaian yang kamu gunakan pun bisa jadi menarik kalau kamu mengenakan pakaian yang sesuai, baik sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan atau sesuai warnanya.

Kain yang digunakan untuk membuat baju sangat beragam. Ada kain katun, wool, polyester dan lain-lain. Tentunya baju dengan bahan katun tidak bisa disamakan perawatannya dengan baju berbahan wool. Begitu juga dengan bahan lainnya. Kalau kamu asal-asalan ketika mencuci dan merawat pakaian tersebut, maka kamu justru merusak pakaian tersebut.

Lalu bagaimana sih, caranya merawat baju dengan bahan katun agar tidak cepat rusak? Yuk simak caranya berikut ini.

1. Perhatikan Proses Pencucian

Dimulai dari proses membersihkan, baju bahan katun cocok untuk dicuci dengan mesin cuci. Perhatikan juga air yang kamu gunakan untuk mencuci ya! Untuk baju berwarna putih, sebaiknya gunakan air hangat saat mencuci. Sedangkan baju dengan warna sebaiknya menggunakan air dingin agar warnanya tidak cepat pudar.

2. Cara Membersihkan Noda

Apabila terdapat noda pada bagian tertentu, pastikan kamu membersihkan noda tersebut sebelum kemudian mencuci baju secara menyeluruh. Gunakan cairan pembersih noda di bagian yang kotor, kemudian baru cuci baju menggunakan deterjen.

3. Gunakan Deterjen

Dibandingkan dengan sabun colek, baju berbahan katun lebih baik dicuci dengan deterjen. Jika diperlukan, kamu juga bisa memakai pelembut pakaian agar baju menjadi lebih halus. Perhatikan juga label pada pakaian mengenai penggunaan pemutih pada baju. Jika tidak ada keterangan, sebaiknya jangan gunakan pemutih ya, Sahabat Fimela.

4. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Agar baju katun bisa lebih tahan lama dan tidak cepat rusak, sebaiknya baju ini dikeringkan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari ya, dibandingkan dengan menggunakan mesin pengering pakaian. Berhati-hati juga dengan baju yang memiliki banyak detail manik ataupun print.

5. Perhatikan Suhu Saat Menyetrika

Sebelum disetrika, pastikan pakaian kamu sudah benar-benar kering. Selanjutnya, kamu harus selalu memperhatikan suhu sebelum memulai menyetrika. Suhu yang terlalu panas bisa menyebabkan pakaian mengkerut dan menghanguskan serat katun. Hasilnya, pakaian kamu bisa menguning karena serat katunnya yang terbakar.

Itulah beberapa cara untuk merawat baju bahan katun. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading