Sukses

Lifestyle

5 Cara Temukan Kebahagiaan dalam Pilihan Hidupmu Sendiri

Fimela.com, Jakarta Banyak pilihan yang terbentang dalam hidup. Kita pun punya kebebasan dalam membuat pilihan dalam hidup. Pilihan soal menjalin hubungan, meraih pendidikan, hingga memilih pekerjaan. Bahkan kita pun bisa bebas memilih peran yang mau dan ingin kita jalani.

Saatnya untuk bahagia dengan pilihan hidup yang kamu ambil. Menemukan kebahagiaan ini bisa dilakukan dengan sejumlah cara sederhana, seperti cara-cara berikut ini.

 

 

1. Yakini Ada Kebaikan dalam Pilihanmu

Apa pun pilihan yang kamu ambil, yakinilah ada kebaikan yang bisa kamu dapatkan dan bagikan dari pilihanmu itu. Sertai pilihanmu itu dengan kesadaran bahwa itu bisa menarik kebahagiaan tersendiri. Mengutip buku Menghilang, Menemukan Diri Sejati, manusia akan selalu berusaha mewujudkan apa yang dia pikirkan. Apa pun yang dia rasakan, ke situlah dia akan ditarik. Kalau kamu yakin pilihanmu itu bisa menarik kebahagiaan, maka kebahagiaan bisa hadir dengan berbagai cara yang tak pernah diduga.

 

 

2. Lakukan Tugasmu Sebaik Mungkin

Apa pun pilihan yang kamu ambil, pasti ada tugas yang sudah menanti untuk kamu kerjakan atau lakukan. Saat ada tujuan yang ingin kamu raih dari pilihanmu itu, cukup kerjakan dan selesaikan persoalan satu per satu. Kepuasan batin yang bisa hadir dari setiap tugas yang diselesaikan bisa mendatangkan kebahagiaan sendiri.

 

 

3. Kurangi Kebiasaan Membandingkan-bandingkan

Membanding-bandingkan diri dengan orang lain jika dilakukan dengan berlebihan bisa menghambat diri sendiri untuk bahagia. Pilihanmu mungkin tak sama dengan pilihan orang lain. Cara orang lain menjalani hidup pun berbeda dari dirimu. Cukup fokus jalani semua yang terbaik dari hal-hal yang masih bisa kamu lakukan dan upayakan. Tak perlu menghabiskan banyak waktu membanding-bandingkan pilihan hidup dan pencapaian orang lain.

 

 

4. Berhenti Membuat Banyak Alasan atau Dalih

Satu hal yang sering menghambat kita untuk bahagia adalah karena kita sering lari dari masalah. Kita bisa makin sulit bahagia saat persoalan demi persoalan yang semestinya kita selesaikan malah kita abaikan. Terlalu banyak membuat alasan atau berdalih hanya akan membuat kita makin jauh dari kebahagiaan. Pilihan hidupmu akan menyajikan konsekuensi dan tantangan sendiri, maka terima itu dengan kesadaran agar kamu bisa lebih siap mengantisipasi hal-hal yang terjadi di luar dugaan.

 

 

5. Apresiasi Setiap Langkah yang Berhasil Kamu Buat

Temukan kebahagiaan dalam keseharianmu. Walau ada hal-hal yang belum bisa kamu lakukan dengan sempurna, tetapi setiap langkah yang berhasil kamu lakukan hadirkan pencapaian sendiri. Apresiasi dan syukuri semua proses dan langkahmu. Kebahagiaan bisa datang lebih mudah saat hati bisa lebih lapang menjalani hidup dengan usaha terbaik kita.

Semoga kamu bisa menemukan kebahagiaan dalam setiap pilihan hidup yang kamu ambil. Terima kasih sudah berjuang dan melakukan semua yang terbaik hingga saat ini.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading