Sukses

Lifestyle

5 Tips Jitu dan Mudah Mengkhatamkan Al-Quran di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Membaca Al-Quran dan mengkhatamkannya di bulan Ramadan menjadi salah satu mimpi dari banyak umat muslim. Membaca Al-Quran adalah aktivitas yang bisa mendatangkan pahala berlipat ganda. Ini juga meningkatkan rasa ketenangan dalam jiwa, melatih kesabaran sekaligus menambah wawasan.

Membaca Al-Quran sebagai salah satu sunah Rasul yang penting ditingkatkan selama bulan Ramadan. Tak menutup kemungkinan bahwa kamu bisa mengkhatamkan Al-Quran selama bulan puasa ini Sahabat Fimela. Ada beberapa tips yang bisa memudahkanmu untuk mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadan yang penuh berkah, safaat dan kemuliaan ini. Bagaimana tipsnya?

Niat

Tips pertama yang harus ada dalam diri adalah niat. Tanpa niat dalam hati yang sungguh-sungguh, akan sulit untuk mengkhatamkan Al-Quran. Jangankan mengkhatamkan Al-Quran, tanpa niat kamu bahkan akan merasa malas untuk sekedar membuka Al-Quran. Miliki niat yang baik untuk mengkhatamkan Al-Quran karena Allah SWT dan berharap pahala yang besar dariNYA.

Baca 1 Juz Setiap Hari

Bacalah Al-Quran sebanyak 1 juz setiap harinya. Jika memungkinkan, kamu bisa membaca lebih dari 1 juz. Ini akan memudahkanmu mengkhatamkan Al-Quran selama bulan Ramadan. Agar membaca 1 Juz ini lebih ringan, kamu bisa menyiapkan waktu di mana kamu benar-benar luang. Misal setelah salat tarawih atau waktu di antara sahur dan subuh.

Manfaatkan Aplikasi Al-Quran di Ponsel

Miliki dan manfaatkan aplikasi Al-Quran di ponsel. Hal ini akan membantumu lebih mudah membaca Al-Quran di sela-sela aktivitasmu. Ini juga akan membantumu membaca Al-Quran lebih rutin dan menyenangkan.

Baca 2 Lembar Setiap Selesai Salat

Sebagian besar Al-Quran umumnya memiliki 600 halaman atau 300 lembar terhitung dari juz 1 hingga juz 30. Untuk bisa mengkhatamkannya di bulan Ramadan, baca Al-Quran sebanyak 2 lembar atau 4 halaman setiap selesai salat wajib 5 waktu. Bila memungkinkan baca lebih banyak halaman. Lakukan hal ini secara konsisten. Ini akan membantumu mencapai impian khatam Al-Quran di bulan Ramadan. Jika kamu rutin salat dhuha dan salat tahajud, jangan lewatkan untuk membaca Al-Quran pula.

Tadarus Bersama

Lakukan tadarus bersama agar tidak malas untuk membaca Al-Quran. Tadarus bersama juga sebagai cara untuk mengkhatamkan Al-Quran secara lebih menyenangkan. Ini juga memungkinkanmu belajar Al-Quran beserta isinya dengan lebih baik lagi bersama sahabat, teman atau guru-guru ahli ulama. 

Itulah beberapa tips jitu namun mudah untuk mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadan. Pastikan untuk konsisten melakukan berbagai tips ini dan miliki niat yang kuat. Namun ingat, khatam Al-Quran sebaiknya tak hanya dibaca saja. Tapi juga sambil pahami dan maknai dalam-dalam isi Al-Quran tersebut. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga Ramadan tahun ini bahkan berkah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading