Sukses

Entertainment

Film 90-an, Colin Firth dari Raja Inggris Jadi Agen Kingsman

Fimela.com, Jakarta Inggris harus diakui banyak menelurkan aktor dan aktris berbakat. Colin Firth yang angkat nama di era 90-an termasuk di dalamnya. Pria kelahiran 10 September 1960 ini seperti kebanyakan aktor Inggris lainnya, mengawali karir aktingnya dari dunia teater.

Colin baru menapaki dunia film di tahun 1987 lewat film A Month in the Country. Waktu itu Colin Firth disebut-sebut sebagai generasi ‘Brit Pack’ yaitu kumpulan aktor muda Inggris yang bakal bersinar. Nama Colin mulai dikenal luas saat memerankan Mr. Darcy di film televisi Pride and Prejudice di tahun 1995.

Setelah itu sejumlah tawaran bermain pun menghampiri pemilik nama lengkap Colin Andrew Firth ini. Colin tampil di sejumlah film seperti The English Patient Shakespeare in Love, Bridget Jones’s Diary dan Love Actuallya. Film-film tersebut bukan saja mendapat pujian dari para krtikus serta mendapat banyak penghargaan, tapi juga termsuk laris atau menjadi box office.

Kesuksesan itu membuat Colin mulai sering menjadi pemeran utama di banyak film. Salah satunya adalah A Single Man di tahun 2009 yang kembali mendapat banyak pujian. Bahkan Firth buat pertama kalinya masuk nominasi Oscar untuk kategori Aktor Utama Terbaik. Tak hanya di genre drama, Colin juga mampu tampil sama baiknya di genre.

Colin Firth untuk saat ini tidak akan muncul dalam sekuel, meskipun sang sutradara, Matthew Vaugh telah mengungkap jika tetap akan dicari potensi untuk memunculkan karakter yang diperankan  Colin Firth kembali. (AFP/Bintang.com)

Ia pernah bermain di film komedi pendek Blackadder: Back & Forth (1999) yang digagas Rowan Atkinson alias Mr. Bean. Genre drama-musikal juga pernah dijalani Colin Firth, salah satunya lewat film Mamma Mia!

Di tahun 2008. Film yang dibintangi sejumlah bintang papan atas seperti Amanda Seyfried, Meryl Streep, Pierce Brosnan dan Stellan Skarsgard itu berhasil meraih pemasukan lebih dari 600 juta dolar AS dengan bujet hanya sekitar 52 juta dolar AS. Mamma Mia! menjadi salah satu film produksi Inggris terlaris sepanjang masa.

Raih Piala Oscar

Keberhasilan itu membuat Mamma Mia! Dibuatkan sekuelnya yang akan dirilis pada 2018 mendatang. Colin Firth ikut kembali bermain bersama Seyfried, Streep dan Brosnan.Puncak pencapaian akting gemilang Colin Firth diraih lewat film The King’s Speech (2010).

Di film yang diangkat dari kisah nyata tersebut, ia berperan sebagai Raja Inggris, King George VI, yang merupakan ayah dari Ratu Elizabeth yang saat ini masih berkuasa di Inggris. Film tersebut fokus pada masalah sang Raja yang mengalami masalah dalam berkata-kata karena gagap.

Aktor Inggris Colin Firth meraih piala Oscar 2011 untuk kategori bergengsi, Aktor Terbaik Pria. Firth menang lewat perannya sebagai Raja George VI di "The King's Speech". (AP Photo/Matt Sayles)

Padahal sebagai Raja Inggris, ia harus sering berpidato untuk memberi semangat pada pasukan Inggris yang bertempur di Perang Dunia Kedua. Sang Raja harus berjuang keras mengatasi masalah itu sebelum menghadapi pidato resminya di depan umum. Peran tersebut dijalani Colin Firth dengan gemilang.

Hasilnya, banyak penghargaan yang berhasil diraih, termasuk di ajang Oscar dengan menjadi Aktor Utama Terbaik. Setelah beberapa kali bermain di genre drama, Colin Firth mencoba tampil di genre action lewat film Kingsman: The Secret Service (2015). Kingsman sukses besar dan dibuatkan sekuelnya, Kingsman: The Golden Circle.

Kingsman: The Secret Service baru saja merilis trailer kedua dengan adegan brutal Colin Firth.

Colin mengulangi perannya sebagai Harry Hart alias Galahad di film yang sedang jadi box office di seluruh dunia ini. Setelah sekuel Kingsman, masih ada sejumlah film yang akan dibintangi Firth, diantaranya The Mercy, Mary Poppins Returns dan sekuel Mamma Mia! yang bertajuk Here We Go Again!

Seperti beberapa aktor kelas dunia lainnya, akting Colin Firth yang meski usianya sudah tak muda lagi justru semakin matang. Angkat nama sejak era 90-an, Colin Firth membuktikan masih mampu bersaing dan menunjukkan kapasitas aktingnya dengan baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading