Sukses

Entertainment

4 Rahasia Wulan Guritno Hadapi Persaingan Bisnis Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Selain masih terus aktif di industri hiburan tanah air, Wulan Guritno nyatanya juga mahir mengelola bisnisnya. Sejak dibangun pada 2009 lalu, terhitung bisnis kecantikan yang ia bangun dengan dua orang sahabatnya, Amanda Soekasah Joesoef dan Jannah Soekasah terus berkembang dengan membuka beberapa cabang dengan sistem franchise.

Yang terbaru, Poetre Spa & Wax milik ibu tiga anak itu membuka satu cabang lagi di Jakarta, tepatnya kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Bekerja sama dengan Reska Mahdar selaku owner cabang terbarunya, Wulan secara resmi memperkenalkan Poetre Spa & Wax cabang Cempaka Putih pada Minggu (29/10/2017).

Wulan Guritno (Doc Pribadi)

Sudah berjalan hampir 10 tahun sejak buka cabang pertamanya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Wulan Guritno pun bercerita mengenai jatuh bangun dirinya dan dua orang sahabatnya tadi membangun bisnisnya tersebut.

"Kalau cabang secara total kita berjalan 10 tahun dari kita cuma punya tempat kecil di kemang sampai akhirnya kita dapat kesempatan francise, sekarang yang buka ada 9 di seluruh Indonesia. Yang tau (masalah) dalamnya yaa kita lah, yang penting kita bertiganya solid. Kita tidak saling menyalahkan (jika ada masalah), tapi saling menghargai kelebihan masing-masing," ujar Wulan Guritno saat pembukaan Poetre Spa & Wax di Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

"Dari aku sih bisnis kita pasti ada jatuh bangunnya. Banyak yang bisnis spa tapi nyatanya kita bisa survive hampir 10 tahun. Yang terpenting kita selalu solid dan tidak pernah give up," timpal Jannah Soekasah melanjutkan.

Lantas, apa yang membuat bisnis yang dibangun Wulan Guritno bersama dengan sahabatnya bisa bertahan sampai saat ini? Lewat sebuah wawancara, berikut Bintang.com mencoba merangkum rahasia bisnis Wulan Guritno menghadapi persaingan yang ketat di bidang yang sama.

Wulan Guritno Terapkan Kerjasama yang Solid

Wulan Guritno (Adrian Putra/bintang.com)

Membangun bisnis secara berkelompok tentunya dibutuhkan kerjasama yang solid diantara para pemiliknya. Dan, untuk hal tersebut, Wulan Guritno dan dua sahabatnya itu sudah membuktikan jika kerjasama yang solid mampu membuat bisnisnya langgeng sampai saat ini.

"Kita kerja di porsinya masing-masing. Jadi memang Manda jagonya dimana, Jannah jagonya dimana, aku jagonya dimana, ya kita kerjakan di situ. Kalau kita mengerjakan yang kita tidak bisa hasilnya pasti akan berantakan," tutur Wulan Guritno.

Wulan Guritno Menjaga Komunikasi dengan Partner Bisnis

Wulan Guritno (Adrian Putra/bintang.com)

Sistem franchise yang dipilih untuk bisnis kecantikan yang ia bangun tak ayal mengharuskan Wulan Guritno harus tetap menjalin komunikasi dengan para partner bisnisnya. Alhasil, setidaknya dalam satu bulan, ia selalu menyempatkan diri untuk menggelar rapat dengan para rekanannya guna memajukan bisnis yang ia miliki.

"Kita tetap ngontrol langsung. Kita selalu berhubungan melalui Whatsapp. Dua minggu sekali atau satu bulan sekali kita selalu evaluasi mana yang kurang, jadi kita tahu kekurangannya," ujar Wulan Guritno yang diamini oleh Jannah Soekasah.

Wulan Guritno dan Usahanya untuk Selalu Berinovasi

 Wulan Guritno (Nurwahyunan/bintang.com)

Wulan Guritno menyadari betul persaingan yang ketat di bidang bisnis kecantikan. Dan, agar tidak tercecer dari persaingan merebut pangsa pasar, Wulan pun mengakui pentingnya terus berinovasi dengan hal-hal baru yang mengikuti perkembangan zaman.

"Pastinya mempelajari pasar. Jadi memang kita berusaha tiap tahunnya melihat pasar. Sebagai pebisnis kita pasti pernah mengalami kemunduran, jadi solusinya kita ngikutin pasar tapi konsepnya tetep ada treatment yang tradisional karena itu pegangan kita. Kayak yang di Jakarta kan kita lihat pajangannya menggambarkan ciri khas Jakarta, di Makasar juga misalnya ada pernak-pernik touch yang Makasar. Begitu juga treatment-nya kita selipkan. Kaya ada pijat Jawa, pijat yang khas di kota masing-masing buat menu karena pasti beda-beda," jelasnya.

 

Wulan Guritno Selalu Menjaga Kepercayaan Konsumen

Wulan Guritno (Adrian Putra/bintang.com)

Nama besar Wulan Guritno sebagai seorang selebritas tak bisa dipungkiri turut memuluskan kelancaran bisnis yang tengah ia bangun. Hal tersebut pun diakui oleh beberapa rekanan bisnisnya termasuk Reska Mahdar, owner Poetre Spa & Wax cabang Cempaka Putih.

"Kita punya pertimbangan mereka bagus, menjaga kualitasnya juga konsisten. Mbak Wulan juga banyak yang kenal jadi bisa untuk promo pada orang-orang," ujar Ika.

Meski begitu, Wulan pun menimpali jika statusnya sebagai publik figur merupakan bonus untuk mengembangkan bisnisnya. Yang terpenting bagi Wulan adalah memberikan pelayanan yang terbaik pada para konsumen dengan menjaga kualitas pelayanan semaksimal mungkin.

"Itu (nama besar) hanya boost awal. Tapi tetep harus dijaga kualitasnya, karena kepercayaan pelanggan yang terpenting. Kalo eror-eror semua pasti ada erornya, tapi yang paling utama itu kepercayaan orang yang dijaga. Sesuai nama, kita harus melayani customer seperti seorang putri raja," tandas Wulan Guritno.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading