Sukses

Entertainment

Pengabdi Setan dan Night Bus Kuasai FFI 2017

Fimela.com, Jakarta Festival Film Indonesia 2017 (FFI 2017) sudah sukses digelar. Acara penghargaan dunia perfilman Indonesia ini berlangsung di Grand Kawanua International City, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (11/11/2017) malam. Ada sejumlah hal menarik setelah semua pemenang diumumkan.

Biasanya film yang paling banyak mendapat nominasi juga meraih banyak piala. Tapi di FFI 2017 ternyata dugaan itu meleset. Tanpa banyak diduga, Kartini yang meraih nominasi terbanyak (14 nominasi) hanya mendapatkan satu Piala Citra. Yang mendominasi ajang tahunan tersebut justru Pengabdi Setan dan Night Bus yang masing-masing meraih tujuh dan enam piala.

Night Bus meraih penghargaan sebagai Film Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2017 yang berlangsung di Manado, Sabtu (11/11/2017) malam. (Zulfa Ayu Sundari/Liputan6.com)

Kemenangan Pengabdi Setan mungkin sudah banyak diduga karena film horor besutan Joko Anwar ini meraih 13 nominasi. Namun kemenangan Night Bus dengan enam piala termasuk mengejutkan. Apalagi film yang diproduseri Darius Sinathrya ini berhasil menang di kategori Film Terbaik. Meski begitu kemenangan Night Bus sebenarnya bukanlah hal mengejutkan.

Film garapan Emil Heradi ini memang dibuat serius untuk pasar festival luar negeri.Hal ini diungkap oleh Darius Sinathrya, usai menerima piala kemenangan dalam FFI 2017. Namun di tengah perjalanan, ada kendala yang membuat rencana ini tertunda. "Dari awal membuat film Night Bus, kita memang punya rencana untuk ke ikeut festival di luar negeri dulu. Tapi karena satu dan lain hal akhirnya kami harus rilis di Indonesia lebih dulu," terang Darius Sinathrya, seperti dilansir dar liputan6.com.

Tim produksi sadar betul kalau banyak hal yang harus diperhatikan untuk membawa film ke luar negeri. Karena ini bukan hanya tentang karyanya, tapi juga menyangkut nama negara. "Saya percaya kalau kita punya energi yang saling berkaitan. Kita saling memberikan inspirasi, belajar satu sama lain seharusnya semua itu bisa jadi motivasi. Karena kalau kita keluar yang dibawa bukan hanya film kita sendiri," tutur Darius.

Kemenangan Nightt Bus juga terasa istimewa karena film ini hanya sebentar diputar di bioskop karena jumlah penontonnya sangat sedikit. Hal itu berbanding terbalik dengan Pengabdi Setan yang meraih banyak piala sekaligus menyandang predikat sebagai film Indonesia terlaris di tahun ini dan film horor Indonesia terlaris sepanjang masa.  Biasanya film yang meraih banyak piala di festival bukan termasuk film box office termasuk di ajang sekelas Oscar sekalipun.

Tapi ternyata Pengabdi Setan yang sudah meraih 4 juta penonton lebih berhasil menyabet 7 piala dari 13 nominasi di FFI 2017. Jadi FFI 2017 bisa dibilang dikuasai oleh Pengabdi Setan yang termasuk suskes secara komersil dan Night Bus yang sepi penonton tapi memang dibuat untuk mengikuti festival-festival film.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading