Sukses

Entertainment

Cara Ayu Dyah Pasha Sosialisasikan Batik pada Generasi Milenial

Fimela.com, Jakarta Ayu Diah Pasha saat ini berusaha untuk memperkenalkan batik kepada generasi millenial. Berbeda dengan beberapa tahun silam yang identik dengan citra kuno, belakangan ini batik sudah menjelma menjadi salah satu bentuk fesyen yang digemari anak muda. Dengan beberapa modifikasi, generasi muda, bahkan kaum milenial saat ini sudah tak lagi canggung lagi untuk digunakan dalam kesehariannya.

Artis senior yang juga tergabung dalam Ikatan Pencinta Batik Nusantara punya cara memperkenalkan batik di era modern pada anak muda. Salah satunya dengan menggelar pemilihan Putra Putri Batik Nusantara. Melalui ajang yang merupakan kerjasama IPBN bersama dengan Badan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Pariwisata tersebut, Ayu Diah Pasha berharap semakin banyak anak muda yang tidak merasa canggung lagi saat menggunakan batik.

 

"Anak muda sekarang kan sangat kuat bounding dalam komunitasnya. Dengan kita membuat ini, mereka satu sama lain bisa saling menginspirasi. Kadang mereka juga mulai pakai batik ke sekolah, kuliah, dijadikan outer, jaket, tapi tetap dengan style anak muda," ungkap Ayu Diah Pasha di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Sabtu (25/11/2017).

Selanjutnya, menurut Ayu Diah Pasha, rasa ketertarikan anak muda terhadap batik diharapkan mampu membuat mereka semakin mencari tahu tentang batik yang berujung pada rasa cinta terhadap batik.

 

"Setelah merasa keren, mereka kan jadi kepengen tahu bikinnya gimana sih, ketika tau prosesnya, mereka biasanya lebih wow lagi dan terkesima karena betul-betul handcrafting," jelasnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, selain syarat fisik, pemilihan Putra Putri Batik Nusantara menekankan syarat bagi para pesertanya untuk bisa berpenampilan menarik dan memiliki wawasan yang luas tentang batik. Disamping itu, para peserta juga diharuskan melakukan social challange dan menceritakan pengalaman mereka tentang batik dengan tujuan menginspirasi generasinya untuk terhadap batik.

"Challange-nya ada kisah batikku, jadi para peserta berusaha menjelaskan batik-batik kesukaan dan menceritakan batiknya secara viral di sosmed, itu tujuannya agar anak muda lebih cepat untuk memahaminya," ujar Ayu Diah Pasha.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading