Bondan Winarno Maknyus, Meninggal Dunia Setelah Operasi

Teddy Kurniawan29 Nov 2017, 11:20 WIB
Diperbarui 29 Nov 2017, 11:20 WIB
Bondan Winarno

Fimela.com, Jakarta Sebelum meninggal dunia, Bondan Winarno, sosok yang dikenal dengan jargon Maknyus-nya tersebut menceritakan riwayat sakitnya melalui akun Facebook Jalan Sutra. Melalui keterangan tersebut diketahui, Bondan Winarno sempat menjalani dua kali operasi pada 27 September 2017.

Operasi tersebut membuat tindakan pada penggantian katup aorta dan penggantian aorta yang mengalami dilatasi (penggelembungan).

 

[Bintang] Bondan Winarno
"jenazah akan dibawa ke rumah duka JL Bangsawan Raya Sentul City siang ini, mohon doa untuk beliau dan keluarga," lanjutnya dalam tulisannya yang langsung dibanjiri ucapan duka dari netizen. (Instagram/maknyusbw)

"Operasi berlangsung selama 5 jam dan dinyatakan berhasil. Saya siuman di ICU sore hari dan dirawat selama 24 jam di ICU. Dari ICU saya dipindah ke Intermediary Ward," tulis Bondan Winarno.

Sebelumnya, Bondan juga menceritakan bahwa masalah di jantungnya tersebut sudah mulai terjadi tahun 2005. Saat itu ia divonis penyumbatan arteri di jantungnya dan harus segera menjalani katerisasi segera mungkin. Namun saat ia mencari opsi lain, dokter jantung lainnya malah mengatakan, apa yang dialaminya bukan penyakit jantung.

 

[Bintang] Bondan Winarno
Belum lama ini, Pria kelahiran Surabaya 67 tahun silam itu baru saja menjalani operasi jantung. Netizen beramai-ramai mendoakan kesembuhan penyakitnya. (Instagram/maknyusbw)

"Saya mencari second opinion di RSPI. Kesimpulan sama: cardiologist bilang harus kateterisasi segera. Neurologist RSPI juga bilang: bukan masalah jantung," tulis Bondan Winarno lebih lanjut.

Saat itu, Bondan mengaku bimbang antara operasi dan tidak. Ia pun memutuskan untuk tidak operasi dan hanya meminum obat pengencer darah. Akhirnya ia kemudian memutuskan untuk melanjutkan pengobatan di sebuah rumah sakit di Kuala Lumpur, Malaysia.

Bondan Winarno yang dikenal dengan jargon Maknyus meninggal dunia pada Rabu 29 November 2017 di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta sekitar pukul 09.05 WIB.