Sukses

Entertainment

Kaleidoskop Bintang 2017: 8 Semarak Festival Musik di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Penikmat musik Indonesia dimanjakan dengan sederet festival sepanjang tahun 2017. Para musisi, band, hingga penyanyi yang hadir baik dari dalam dan luar negeri menyuguhkan aksi panggung terbaik mereka lewat konsep menarik di setiap festival musik.

Sulit untuk dipungkiri, euforia yang terbangun ketika menyaksikan penampilan idola secara langsung sukses membuat adrenalin memuncak. Selain keseruan, perasaan bahagia campur haru tidak jarang menyelimuti para penonton yang hadir.

Festival musik berbagai genre yang terselenggara di tahun 2017 ini memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Hal tersebut nampak dari besarnya animo penonton yang rela merogoh kocek lebih, meluangkan waktu dan rela menunnggu berjam-jam untuk menonton skill apik dari idola mereka.

Lalu, seperti apakah kemeriahan yang hadir dari festival musik yang telah diselenggarakan sepanjang tahun 2017? Yuk, simak bersama rangkuman Bintang.com seperti berikut ini.

1. Java Jazz Festival 2017

Gelaran tahunan, Java Jazz Festival telah menyelenggarakan aksi ke-13 kalinya pada 3 hingga 5 Maret 2017. Bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, JJF 2017 menghadirkan 170 penampilan di 14 panggung sekaligus.

Tahun ini, Java Jazz sendiri mengusung budaya tradisional Betawi. Sederet kolaborasi apik pun tercipta di panggung Java Jazz Festival seperti Tribute to Whitney Houston yang ditampilkan oleh Dira Sugandi, Lea Simanjuntak hingga Soundwave, 90's Hip Hop All Stars dari Iwa K, NEO hingga Sweet Martabak, Shadow Puppets - Harvey Malaiholo, Barasuara feat Ron King Horn Section, hingga Tohpati Bertiga yang menghadirkan Tohpati, Indro Hardjodikoro dan Bowie GBS.

Adapun untuk line up Internasional yang mencuri perhatian seperti Sergio Mendes, Chick Corea, Arturo Sandoval, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk line up dari Indonesia sebut saja Andien, Danilla, Dira Sugandi, Fourtwnty, Rendy Pandugo, Tulus, Tompi, dan lainnya.

2. Hammersonic Festival 2017

Belasan ribu metalhead tidak mau ketinggalan aksi garang dari band idola di Hammersonic Festival 2017. Festival musik metal terbesar se-Asia Pasifik ini dihelat di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara pada Minggu, 7 Mei 2017.

Sederet aksi panggung band ternama disambut begitu antusias oleh para metalhead. Mulai dari penampilan apik Megadeth, The Black Dahlia Murder, Tarja, Earth Crisis, hingga aksi dari local heroes seperti Burgerkill, Sucker Head, dan Seringai.

Tidak ketinggalan, satu panggung di Hammersonic 2017 diberi tajuk Soul of Steel: Krisna Sadrach. Krisna Sadrach adalah bassi dari band legendaris Suckerhead yang menghembuskan napas terakhirnya pada 2 Agustus 2016 lalu.

3. Bali Blues Festival 2017

Bali Blues Festival 2017 sukses memanjakan penikmat musik blues pada 26 hingga 27 Mei 2017 lalu. Gelaran ini sendiri diselenggarakan di Peninsula Island Nusa dua Bali dengan menghadirkan sederet para musisi terbaik.

Mulai dari Krakatau Reunion, Gugun Blues Shelter feat. Indra Lesmana, Six Strings, Balawan & Gilang Ramadhan, Dialog Dini Hari, Damned & Dirty (Belanda). Tidak ketinggalan, Raw Earth (Singapura), The Bodhi, Sound of Mine & Rio Sidik, Crazy Horse, dan masih banyak lagi.

4. We The Fest 2017

WE THE FEST atau WTF menjadi salah satu festival yang begitu dinantikan di tahun 2017. Kali ini, WTF hadir selama 3 hari yakni pada 11, 12, dan 13 Agustus 2017 bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Penampilan Internasional berhasil mengguncang WTF 2017. Mereka adalah Phoenix, Big Sean, The Kooks, G-Eazy, Kodaline, Autograf, Cash Cash, Charli XCX, Epik High, Dua Lipa, Daya, Yuna, dan lainnya.

Sedangkan penampil Tanah Air juga turut menambah kemeriahan WTF 2017. Mulai dari Potret, Barasuara X Scaller, Danilla, Bottlesmoker, Elephant Kind, Goodnight Electric, Mocca X Payung Teduh, Rumah Sakit, Stars & Rabbit, dan masih banyak lagi.

5. Soundrenaline 2017

Soundrenaline tahun ini hadir selama dua hari yakni pada 9 dan 10 September 2017. Gelaran tahunan ini kembali dihelat di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK), Bali dengan menghadirkan sederet penampil yang menarik untuk disimak.

Dari penampil Internasional hadir JET, Dashboard Confessional, Mew, dan Cults. Sedangkan dari local heroes ada penampilan dari Sheila on 7, Tulus, Payung Teduh, Elephant Kind, HMGNC, Lolot, Kotak, Burgerkill, Andien, Stars & Rabbit, Kelompok Penerbang Rocket, Bottlesmoker, Rendy Pandugo, Base Jam, dan masih banyak lagi.

6. Synchronize Festival 2017

Festival musik multi genre, Synchronize Festival kembali digelar di tahun 2017. Gelaran tersebut hadir 3 hari berturut-turut pada 6, 7, dan 8 Oktober 2017 bertempat di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta.

Penonton disuguhkan aksi apik berbagai penampil terfavorit yang hadir dari dekade 70-an hingga 2000-an. Sebut saja OM Pengantar Minum Racun, Keroncong Tugu Cafrinho, KLa Project, Slank, Kahitna, Base Jam Reunion, Burgerkill, Clubeighties, Danilla, Dialog Dini Hari, Efek Rumah Kaca, dan masih banyak lagi.

7. The 90s Festival 2017

Kekuatan musik 90-an memang sulit untuk ditepis. Antusias pendengar musik pada musik era ini kemudian membangkitkan festival musik, termasuk The 90s Festival 2017. Gelaran ini sukses terselenggara pada 25 November lalu di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta.

Seperti tajuknya, adalah penampil-penampil yang berjaya di era 90-an kembali hadir menyuguhkan sederet hits legendaris mereka. Seperti Wayang, TIC Band, The Groove, Oppie Andaresta & BOP, Shaden, Warna, D.O.T, T-Five, Purpose, Bragi, P-Project, Voodoo, Neo dan Sweet Martabak, Reza Artamevia, fariz RM, Stinky, KLa Project, Base Jam Reunion, Yana Yulio, Sixpence None the Richer, Potret, dan Dewa 19 feat Ari Lasso.

8. Djakarta Warehouse Project 2017

Satu lagi gelaran festival musik EDM yang selalu dinanti. Ya, apalagi kalau bukan Djakarta Warehouse Project atau DWP. Tahun ini, DWP dihelat selama dua hari yakni pada 15 dan 16 Desember 2017, bertempat di JIExpo Kemayoranm Jakarta Pusat.

Penampil Internasional dan juga dari Tanah Air mantap menyuguhkan aksi panggung terbaik mereka. Sebut saja dari Marshmello, R3hab, Tiesto, Flume, Robin Schulz, Devarra, Patricia Schuldtz, Ray Ray, Steve Aoki, Rich Chigga, Desiigner, Hardwell, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia 8 semarak festival musik yang telah diselenggarakan sepanjang tahun 2017 ini. Lalu, mana di antara festival musik di atas yang kalian tonton?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading