Sukses

Entertainment

Game of Thrones, Serial TV Paling Sering Dibajak Sepanjang 2017

Fimela.com, Jakarta Sepanjang tahun 2017 tak ada serial televisi yang begitu fenomenal seperti Game of Thrones. Hal itu sepertinya yang membuat serial kreasi HBO itu jadi yang paling banyak dibajak di tahun 2017 lalu.

Seperti dilansir dari Esquire, laman Torrentfreak baru saja merilis daftar tentang serial televisi yang paling banyak diunduh di tahun 2017. Hasilnya, Game of Thrones berada di urutan pertama dan diikuti oleh Walking Dead, The Flash, The Big Bang Theory dan Rick and Morty di peringkat kedua sampai kelima.

Sejumlah drama televisi menggunakan beberapa tempat bersejarah sungguhan sebagai lokasi rekaman kisahnya, termasuk serial Game of Thrones. (Sumber hypable.com)

Seperti diketahui, Game of Thrones yang di tahun lalu menayangkan musim ketujuh, mampu menampilkan beragam unsur menarik dan mengejutkan yang berhasil memukau banyak penonton. Jadi bukan hal yang mengejutkan kalau serial tersebut paling sering diunduh dan dibajak di dunia maya.

Serial Game of Thrones di tahun lalu memang kerap mengalami kebocoran. Misalnya saja Game of Thrones Season 7 Episode 6 yang sudah bocor sebelum ditayangkan. Penyebabnya, HBO Spanyol tanpa sengaja menayangkan episode tersebut selama satu jam dari total durasi 71 menit.

Para pemain Game of Thrones (Instagram/ kitharingtonn)

Tayangan tersebut tak lama kemudian muncul di Reddit dan langsung diunduh sejumlah netizen. HBO Spanyol sebenarnya hanya akan menayangkan trailer Game of Thrones Season 7 Episode 6 tapi ternyata justru menayangkan hampir keseluruhan episode tersebut.

Dan ternyata memang terjadi kebocoran episode 4. Game of Thrones Season 7 Episode 4 sudah bocor di dunia maya dua hari sebelum jadwal tayang resminya pada 6 Agustus waktu Amerika Serikat atau 7 Agustus waktu Indonesia. 

 

Mencegah Pembajakan Game of Thrones

Kebocoran itu bermula dari postingan Reddit dengan nama akun ‘Freefolk’ yang membagikan link ke Google Drive yang bisa dilihat semua pengguna internet. Dalam waktu singkat, para penggemar Game of Thrones bisa langsung mengunduh file tersebut.

Tak berapa lama, file itu sudah dihapus tapi tentunya sudah banyak yang mengunduh dan menyebarkannya di media lain. Sebelumnya, beberapa episode serial Game of Thrones Season 5 juga pernah bocor di internet. Pihak HBO berusaha mencegah kejadian serupa terjadi lagi.

Game of Thrones raih piala terbanyak di Emmy Awards 2016. foto: BBC

Hasilnya, episode ketujuh di musim ketujuh tak lagi bocor di internet.  Lalu bagaimana dengan Game of Thrones season 8 yang akan tayang di tahun ini? Apakah pihak HBO sudah menemukan cara jitu buat mencegah pembajakan terhadap salah satu serial televisi termahal ini? Kita tunggu saja. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading