Sukses

Entertainment

Kisah Ricky Harun Jadi Tour Guide di Tanah Haram

Fimela.com, Jakarta Artis peran Ricky Harun berbagi kisah dan pengalaman tak terlupakan saat menunaikan ibadah umrah bersama istrinya, Herfiza Novianti. Selain menjadi jamaah, pria berusia 31 tahun ini dipercaya oleh travel umrah menjadi pemandu atau tour guide.

"Selain jadi jamaah, saya dipercaya untuk menemani atau membimbing para jamaah," ujar Ricky saat ditemui di Aston Priority Simatupang, Jakarta, Minggu, 15 April 2018.

Selain ibadah, Ricky bersyukur masih bisa bekerja di Tanah Suci. Menurutnya, menemani para jamaah tidak membuatnya repot dalam beribadah.

"Melalui grup, kami ajak para jamaah melakukan kegiatan bersama di sana, misalkan sholat jamaah. Jadi, ibadah pun tidak terhambat, malah bisa dilakukan bersama-sama," kenang pria kelahiran Bandung, 12 Januari 1987.

Ricky Harun mengatakan bahwa ia mendapat pengalaman baru dan tak terlupakan selama menjadi tour guide di Tanah Suci, Mekah. Apalagi, ia sudah membimbing secara ikhlas jamaah untuk beribadah di rumah Allah.

Ricky Harun dibuat panik oleh rombongan jamaah

Selama memandu, Ricky menemui beberapa kejadian kurang menyenangkan seputar jamaah. Salah satu contohnya ketika dua ibu anggota rombongan travel umrah yang kebingungan usai melaksanakan tawaf.

"Jadi, selesai tawaf, jamaah seharusnya pergi arah kanan, tapi ada dua ibu-ibu yang ke arah kiri. Langsung kami samperin. Kalau dibiarin aja kan ibadah ibu itu dan kami bersama jadi terhambat," tutur suami dari Herfiza.

Ricky Harun berusaha siap antar jaga

Meski begitu, Ricky mengaku memandu jemaah tidak selamanya mudah. Karena ketika ada jamaah yang barangnya hilang, menanyakan soal tempat, dan sebagainya, Ricky harus bisa mengatasi hal tersebut.

" Ketika mereka mengalami masalah, tentunya saya dan teman-teman lainnya harus langsung bisa memberikan solusi. Hal yang paling menyenangkan sebagai owner travel adalah tidak hanya memantau para jemaah tapi bisa langsung menemani dan mendengarkan keluh kesah mereka." ujar Ricky Harun.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading