Sukses

Entertainment

35 Tahun Bermusik, Dwiki Dharmawan Terima Penghargaan dari Wapres

Fimela.com, Jakarta Kamis 26 April 2018 musisi Dwiki Dharmawan menerima Gold Medal for Creativity dari World Intellectual Property Organization (WIPO) yg diserahkan Wakil Presiden (DR) Drs H.Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Sekaligus acara Pembukaan Intellectual Property Expo dan Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke 18 Tahun 2018.

Wakil Presiden H.Yusuf Kalla memberikan WIPO Gold Medal for Creativity kepada komposer dan musisi Dwiki Dharmawan sebagai penghargaan tertinggi dari WIPO atas inovasi, kreativitas dan karakter yang telah diberikan Dwiki Dharmawan selama berkiprah sebagai musisi, komposer dan produser musik yang telah 35 tahun berkarya dengan mengangkat kekuatan musik tradisi nusantara yang ditampilkan di pentas global di lebid dari 70 negara di dunia.

Wapres Yusuf Kalla didampingi Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dalam kesempatan ini sekaligus juga membuka secara resmi Intellectual Property Expo (Pekan Kekayaan Intelekyual) yang dilangsungkan di Monas.

“Kegiatan ini adalah sebuah upaya ini untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen, promotor maupun eksportir dari produk-produk yang berbasis kekayaan intelektual dengan standar internasional," papar Yasonna H Laoly.

Dwiki Persembahkan Award untuk Rekan Musisi

Berdasarkan data Global Competitiveness Index dari World Economic Forum 2016-2017, Indonesia menempati peringkat ke-41 dari 138 negara dengan pilar inovasi menduduki peringkat 31, subpilar kapasitas inovasi menduduki peringkat ke-32, subpilar belanja teknologi tinggi pemerintah peringkat ke-12, dan subpilar paten internasional menduduki peringkat ke-99.

Wakil Presiden Yusuf Kalla menyampaikan bahwa saat ini diperlukan upaya-upaya peningkatan inovasi teknologi terapan yang lebih dapat diaplikasikan secara komersial, sehingga seluruh hasil inovasi tersebut dapat mendongkrak posisi daya saing Indonesia di kancah ekonomi global. Salah satu upayanya adalah penguatan dan pengembangan HKI melalui perolehan paten atas invensi yang dihasilkan.

”Untuk mengejarnya, perlu upaya melalui peningkatan sumber daya manusia serta anggaran dan fasilitas riset yang memadai untuk mendorong terciptanya inovasi yang dapat diaplikasikan,” papar Wapres.

Sementara itu, Dwiki Dharmawan menyatakan sangat terharu dan tersanjung atas penghargaan yang diterima dari WIPO ini, disamping Anugerah Kekayaan intelektual 2018 dari Menteri Hukum dan HAM RI.

“Penghargaan Ini bukan semata-mata untuk saya, tetapi untuk semua teman-teman saya di seluruh Indonesia yang telah bergiat dan berjuang di jalur seni musik, serta berjuang dalam bidang Kekayaan Intelektual,” Papar Dwiki yang juga menjabat sebagai Chairman AMI Awards dan Ketua Umum Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) PAPPRI dan juga Direktur dari Lembaga Pendidikan Musik Farabi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading