Sukses

Entertainment

Darius Sinathrya Menangkan Film Tentang Indonesia Timur di UnYUZUal Trip Film Festival

Fimela.com, Jakarta Film pendek berjudul Indonesia, Jawaban Dari Sebuah Pencarian karya Sugianto berhasil meraih predikat juara pertama dalam UnYUZUal Trip Film Festival. Film ini berhasil menyingkirkan ratusan film yang masuk selama masa pendaftaran, 29 Januari hingga 15 April 2018. Banyak alasan yang membuat Darius Sinathrya dan dewan juri lainya memilih sang juara.

Dari ratusan film yang mengusung tema utama Menemukan Indonesia, akhirnya dewan juri merangkum menjadi 10 terbaik dari para sineas muda yang berasal dari berbagai kota di Indonesia seperti Medan, Tanjung Pinang, Balikpapan, Jakarta, Jepara, Yogyakarta, hingga Gowa di Sulawesi Selatan.

"Film ini merupakan rangkuman perjalanan selama beberapa bulan dalam dua tahun terakhir ini. Indonesia Timur ada Papua, Raja Ampat, Wamena, Merauke. Maluku, ada Kepulauan Kei, Banda Neira, ada lagi di Sumba terus ada Borobudur, ada lagi di Sumatera deh," kata Sugianto di CGV entral Park, Jakarta Barat, Kamis (26/4/2018).

 

Proses penyaringan sendiri dilakukan demikian ketat mengingat banyak sekali penilaian dari masing-masing juri yaitu Ita Sembiring (produser dan penulis naskah), Kamila Andini(sutradara), Leonard Anthony (travel blogger Indonesia), dan Darius Sinathrya (aktor). Dari 10 film terbaik tersebut, seleksi memasuki tahap final di mana tiga juri memilih juara 1, juara 2, juara 3 dan juara favorit. "Pemilihan pemenang ini didasari pada seberapa besar para sineas bisa menerjemahkan tema Menemukan Indonesia lewat karya-karyanya. Tentunya, kami juga menilai unsur sinematography yang tertuang di dalam short movie tersebut," ujar Ita Sembiring.

"Kesulitannya emang semua bagus-bagus. Kami lihat dari penyutradaraan, apakah ada treatment khusus, teknis juga kita lihat kualitasnya seperti apa. Terus apa dia punya perspektif atau pesan yang berbeda," lanjut Kamila Andini.

 

Ditambahkan oleh Yose Moriza selaku Brand Manager YUZU TEA, kompetisi UnYUZUal Trip Film Festival juga membantu generasi muda untuk berpikir kritis dan tidak biasa (UnYUZUal) menanggapi tantangan dan problematika di era globalisasi.

Ajang ini juga menjadi wadah berbagi sekaligus mengembangkan kreativitas, salah satunya melalui kreasi film pendek, asli buah karya generasi muda. "Film pendek adalah sarana efektif bagi generasi milenials untuk membedah keindahan Indonesia yang mungkin banyak orang belum tahu atau belum peduli," tutur Darius Sinathrya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading