Cara Lezat Nikmati Tomat

Fimela Editor30 Mar 2011, 11:00 WIB
Diperbarui 30 Mar 2011, 11:00 WIB

Tomat bisa dinikmati dengan berbagai caraTomat terdiri atas beberapa jenis, beberapa di antaranya tomat sayur, tomat ceri, dan tomat anggur. Buah yang memiliki nama latin Licopersicum esculentum ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Likopen yang terkandung dalam tomat merupakan sumber antioksidan yang bisa mengurangi risiko terjadinya kanker.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, tomat juga bermanfaat untuk kecantikan. Jika rajin menggunakan tomat sebagai masker, dipercaya bisa mencegah penuaan dini, berkat likopen yang terkandung di dalamnya.

Untuk menikmati tomat, kamu bisa menyantap langsung atau mengolahnya terlebih dahulu. Penelitian badan pangan dunia, FAO, menyarankan untuk mengolah tomat sebelum dikonsumsi. Nggak perlu khawatir manfaat tomat akan berkurang karena zat likopen justru akan meningkat saat tomat diolah. Nah, berikut ada beberapa cara lezat agar kamu bisa menikmati tomat.

1.  Panggang. Potong bagian atas tomat dan buang bijinya. Panggang sebentar di oven. Kamu bisa menikmatinya sebagai teman makan daging, ikan, atau ayam panggang.

2. Campur dengan bahan lain disantap berupa salad. Belah beberapa tomat ceri (tomat berukuran kecil) menjadi dua bagian dan letakkan dalam wadah. Taburkan keju, lada hitam, dan sedikit garam di atasnya. Untuk mendapatkan rasa segar, kamu juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk lemon.

3. Dihaluskan. Kamu bisa menyulap tomat menjadi sup tomat lezat yang penuh gizi, misalnya jadi Gazpacho atau sup tomat asal Spanyol. Berbeda dengan sup tomat lainnya, Gazpacho bisa kamu nikmati tanpa dimasak terlebih dahulu.  Campurkann tomat, paprika, bawang bombay, dan sedikit daun ketumbar, lalu haluskan. Dinginkan bahan yang sudah lembut sebelum disajikan.

Nah, apa kamu juga punya cara lain untuk menikmati buah yang kaya vitamin C ini? Share with us…