Tak Hanya Ashanty, Dian Sastrowardoyo dan Artis Lain Juga Lulus Saat Jadi Ibu

Syifa Ismalia08 Agu 2018, 13:24 WIB
[Bintang] Dian Sastrowardoyo, Zee Zee Shahab dan Annisa Pohan

Bintang.com, Jakarta Nama Ashanty kembali jadi perbincangan publik karena dirinya baru saja lulus S2. Namun ternyata bukan hanya dirinya saja artis yang lulus pendidikan di jenjang strata 2, meski sudah menjadi seorang istri. Seperti Dian Sastrowardoyo, Herfiza Novianti, Alya Rohali, Annisa Pohan, Zee Zee Shahab dan juga Oki Setianadewi.

Siapa yang tak kenal Dian Sastro?  Namanya sangat dikenal publik usai akting bagusnya sebagai Cinta di Film Ada Apa Dengan Cinta. Tak hanya pandai berakting, Dian ternyata juga memerhatikan pendidikan. Hasilnya Dian Sastro berhasil lulus studi S2 jurusan Manajemen Keuangan di Universitas Indonesia pada 2014. Kala itu ia sudah menjadi seorang ibu.

Pembawa acara Alya Rohali juga berhasil lulus program S2 jurusan Magister Hukum dan Magister Kenotariatan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Kala itu, ia sudah menjadi seorang ibu rumah tangga.

Nama Annisa Pohan menambah panjang artis yang sudah menikah namun sukses di dunia pendidikan. Annisa berhasil menyelesaikan pendidikan Magister jurusan Management di Universitas Indonesia pada 2013. Ia meraih predikat cumlaude dengan IPK 3,98. Kala itu dirinya sudah menikah dengan anak Presiden ke-5 Agus Harimurti Yudhoyono.

Dian Sastro
Dian Sastro. (Adrian Utama Putra/Bintang.com)

Artis peran Herfiza Novianti juga berhasil lulus S2 jurusan Psikologi di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada awal 2017. Dirinya berhasil meraih nilai yang memuaskan dengan IPK 3,61. Kala itu Herfiza sudah menikah dengan Ricky Harun. 

Setelah menyelesaikan pendidikan di Fakultas Hukum di Universitas Trisakti, artis peran Zee Zee Shahab akhirnya berhasil lulus Magister Seni di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) tahun 2017 lalu. Kala itu, dirinya tengah hamil muda. "Pak suami @praburevolusi i love you! kalau bukan karena "paksaan" Dr daddy Mgkn aku enggak akan ada di posisi ini jadi lanjut enggak nih pak? " tulis Zee Zee Shahab di laman media sosial miliknya.

Dengan lulusnya Ashanty makin panjang daftar artis yang bergelar S2. Seperti Dian Sastrowardoyo, Alya Rohali, Oki Setianadewi, dll.

Suka Duka dan Perjuangan Artis untuk Tuntaskan Pendidikan

[Bintang] Annisa Pohan
Annisa Pohan juga berhasil menuntaskan pendidikan S2. (Deki Prayoga/bintang.com)

Bukanlah hal yang mudah bagi seorang wanita yang sudah berumah tangga, bekerja sambil kuliah. Namun hal tersebut sudah dilakukan beberapa teman artis. Antara lain Dian Sastrowardoyo. Dian dan artis lainnya menujukkan bahwa wanita memang kuat, bisa melakukan apapun. Meski rintangannya terlalu sulit untuk dilakukan, salah satunya dalam hal pendidikan.

Dian Sastro saat pendidikan S2, dirinya tengah mengandung anak keduanya, Ishana Ariandra Nariratana Sutowo dari suaminya, Indraguna Sutowo. Puteri Indonesia 1996, Alya Rohali juga menyelesaikan tesis usai dirinya melahirkan anaknya, Savannah Nadja Rachbini, pada 2010 lalu.

Herfiza Novianti
Herfiza Novianti [foto: instagram.com/herfiza]

Perjuangan Herfiza untuk meraih gelar magister penuh tantangan. Beberapa kali ia harus cuti karena melahirkan dua buah hatinya, Mikaila Akyza Pratama dan Athaya Akyza Pratama, di sela kuliahnya.

"Alhamdulillah, setelah perjuangan kuliah yang sempat tertunda karena hamil-melahirkan-hamil (lagi)-melahirkan (lagi) akhirnya hari ini bisa wisuda dan lulus gelar Magister dengan IPK 3,61. Alhamdulillah!" ungkap Herfiza di Instagram pribadinya.

[Bintang] Zee Zee Shahab
Zee Zee Shahab. (Instagram/zeezeeshahab)

Saat ini, Herfiza menjadi dosen di Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama). Sebelum menjadi dosen di tempat itu, Herfiza adalah lulusan dari universitas tersebut dengan jurusan Ilmu Komunikasi.

Zee Zee Shahab meraih gelar magister saat hamil muda anak keduanya. Zee Zee berhasil mendapatkan nilai yang memuaskan untuk gelar S2-nya tersebut.

Artis Ini Selesaikan S2 Dulu, Menikah Kemudian

[Bintang] Pernikahan Tasya Kamila dan Randi Bachtiar
Tasya Kamila baru menikah setelah S2 selesai. (Instagram/thebridestory)

Meski lumayan banyak artis kembali melanjutkan pendidikannya setelah menikah, namun ada juga selebriti yang sudah lulus S2 sebelum dirinya dipersunting kekasihnya. Salah satunya Tasya Kamila, Alyssa Soebandono, Gita Gutawa, Okky Lukman.

Mantan artis cilik Tasya Kamila telah berhasil menyelesaikan pendidikan S2 jurusan Public Administration di universitas termahal di dunia, Columbia University, Amerika Serikat pada tahun 2018. Kala itu Tasya mendapatkan beasiswa  dari sebuah lembaga yang concern dalam bidang pendidikan. "Segala puji setinggi-tingginya kepada Allah SWT. Semoga ilmu yang aku dapat ini tidak hanya bermanfaat bagi diriku sendiri, tapi juga untuk nusa, bangsa, negara, dan agama," tulis Tasya di akun instagram miliknya. Saat itu, dirinya masih sendiri. Namun usai lulus, dirinya dinikahi kekasihnya, Randi Bachtiar pada Minggu (5/8/2018).

[Bintang] Hari Anak Nasional, SGM Berikan Beasiswa Rp1 Miliar
Alyssa Soebandono saat hadir dalam acara Grand Final Sahabat Generasi Maju di Summarecon Mall, Bekasi, Sabtu (28/7/2018). (Bintang.com/Daniel Kampua)

Alyssa Soebandono memperoleh gelar S2 di usia yang sangat muda, yaitu 22 tahun. Gelar tersebut diperoleh pada bulan Desember 2013 lalu. Saat itu, dirinya belum menikah dengan Dude Harlino, namun ia sudah berhasil menyabet Master Coorporate Communication di London School of Public Relation.

Penyanyi Gita Gutawa juga telah menyelesaikan pendidikan S2-nya dalam waktu setahun di London School of Economics and Political Science, LSE Inggris. Pelantun tembang Parasit dan Sempurna ini pun pernah diangkat menjadi duta Pendidikan pada 2015. Hingga kini dirinya belum menikah.

[Bintang] Okky Lukman
(Instagram/oq_lukman)

Okky Lukman yang dikenal sebagai seorang komedian dan presenter. Namun siapa sangka ternyata dirinya sangat mementingkan pendidikan juga loh. Wajar saja jika kini Okky sudah lulus S2 Hukum Pidana di Universitas Padjajaran Bandung pada tahun 2015. Hingga kini, dirinya pun masih sendiri.

 

Lanjutkan Membaca ↓