Sukses

Entertainment

4 Fakta Album Debut Solo Mino WINNER, XX

Fimela.com, Jakarta Memasuki penghujung 2018 YG Entertainment membombardir industri dengan aset-aset mereka. Pasca mendebutkan Jennie BLACKPINK secara solo, kini giliran rapper berbakat Song Mino yang beraksi.

Member grup WINNER tersebut baru saja merilis mixtape, atau album terbarunya berjudul XX. Ini menjadi album perdana bagi Mino sebagai rapper yang punya reputasi bagus di skena hip hop Korea Selatan.

Mino mengandalkan single berjudul Fiance sebagai title track untuk albumnya. Memadukan unsur hip hop modern dan seni tradisional Korea, Mino menunjukkan sisi lainnya yang lama terpendam.

Sejauh ini ingle Fiance tampil dengan baik di chart musik. Respon dari penggemar juga positif terkait karya solo Mino tersebut. Namun untuk tahu lebih dalam tentang album XX, simak ulasannya berikut ini.

Di Balik Judul XX

Banyak spekulasi di kalangan fans mengenai makna judul album XX. Namun tak ada jawaban yang benar-benar meyakinkan.

Rupanya Mino sendiri tak ingin membocorkan makna di baliknya. Saat ditanya tentnag makna XX, Mino membiarkan pendengar menginterpretasikannya masing-masing. 

Bukan Project Solo Pertama

Meski XX adalah album perdana bagi Mino,nyatanya ini bukanlah debut pertamanya tampil sendiri. Sebelumnya ia sempat membentuk sub unit MOBB bersama Bobby iKON.

Saat itu ia merilis single solo bertajuk Body, yang menunjukkan sisi lain Mino sebagai rapper. Terbukti dari situ banyak yang menginginkannya fokus merilis karya solo.

The Real Mino

Dengan rilisnya album ini, Mino benar-benar ingin menuangkan seluruh pemikiran dalam 12 lagu di dalamnya. Ia banyak terlibat dalam proses produksi mulai dari konsep album, MV, penulisan lagu hingga aransemen.

Tujuannya adalah untuk menunjukkan The Real Mino, nama yang ia pakai di akun instagramnya. Lebih eksplisit, lebih bebas, familiar tapi unik, jadi kesan yang akan diperoleh ketika mendengar albumnya.

Libatkan Para Musisi Hebat

Album solo Mino ini terasa begitu spesial karena selain mengungkap identitas sang rapper, XX juga digarap oleh para produser top. Beberapa di antaranya adalah Kang Uk Jin, Future Bounce, Millennium dan nama besar lain yang tak asing lagi di kancah musik K-Pop.

 
 
 
View this post on Instagram

I think I should record this song, So I'm practicing. XD #lovely #billieeilish #singing

A post shared by Blue.D (@blue.d_00) on

Sementara itu ia juga berkolaborasi dengan talenta hebat lain dalam lagunya seperti YDG, Yoo Byung Jae dan artis cantik baru dari YGX, Blue D.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading