Ada Soimah di tengah Musisi Kelas Dunia di Album Dewa Budjana

Nizar Zulmi11 Des 2018, 19:38 WIB
[Bintang] Soimah

Fimela.com, Jakarta Gitaris grup band GIGI, Dewa Budjana baru saja merilis album solo bertajuk Mahandini. Untuk album solonya kali ini, musisi asal Bali itu dibantu oleh banyak musisi kelas dunia dalam proses penggarapannya. Namun, dibalik nama musisi kelas internasional, terdapat nama Soimah Pancawati juga turut dilibatkan.

Disebut musisi kelas dunia, lantaran album Mahandini tercipta atas keterlibatan John Rudess, Keyboardist Dream Theater, Marco Minnemann, drummer metal asal Jerman, John Frusciante, yang pernah bergabung dengan Red Hot Chilli Peppers, serta Mohini Dey, bassis muda asal India.

 

[Fimela] Dewa Budjana
Launching album Mahandini Dewa Budjana (Adrian Putra/Fimela.com)

Nama Soimah sendiri terlibat dalam satu lagu berjudul Hyang Giri. Di lagu tersebut Soimah unjuk kebolehannya dalam bersinden. "Soimah nyanyi lagu Hyang Giri ciptaan saya tapi lirik dari dia," ujar Dewa Budjana di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2018).

Budjana pun memilik alasan tersendiri memilih Soimah untuk ikut terlibat di album Mahandini. Selain sering berkerja bersama, karakter nyinden Soimah yang kuat juga menjadi alasan tersendiri bagi Dewa Budjana.

"Ya saya sudah dapat semua musisi ya terus butuh penyanyi cewek yang sangat kuat karakter sindennya, ya cuma Soimah. Dia juga seorang seniman yang multitalenta! kebetulan juga saya kenal baik dan dia mau ya sudah," terangnya.

Makna di Balik Hyang Giri

[Fimela] Dewa Budjana
Dewa Budjana (Adrian Putra/Fimela.com)

Lagu Hyang Giri sendiri diciptakan Budjana saat gunung Agung meletus beberapa waktu lalu. Setelah tercipta instrumennya, Budjana pun memberikan kebebasan untuk Soimah mengisi lirik sekaligus menyanyikannya.

"Lagu ini (Hyang Giri) tercipta ketika gunung Agung meletus, terus Merapi juga. Kita kan negara ring of fire ya, kita nggak bisa lepas dari alam, ketika gunung Agung meletus itu saya kepengen buat momennya jadi satu lagu. Saya awalnya buat instrumental saja, tapi ditengah mulai terpikir untuk dikasih lirik. Saya ajak Soimah dan dia mau akhirnya dia buat lirik dengan judul Hyang giri. Lagu itu isinya tentang kebesaran penguasa di gunung dan pencipta dunia," papar Dewa Budjana.

Lanjutkan Membaca ↓