Suka Folk? Dengar Karya-Karya Musisi Tanah Air Keren Ini

Nizar Zulmi14 Jan 2019, 19:38 WIB
Matahari Senja

Fimela.com, Jakarta Menikmati senja dan secangkir kopi jadi kegiatan yang menenangkan jiwa. Namun rasanya hal itu kurang lengkap tanpa diiringi musik-musik terbaik, terutama yang bergenre folk.

Genre jenis ini biasanya identik dengan para musisi indie. Musik mereka indah, puitis dan menggunakan lirik yang mungkin tak bisa dinikmati sembarang orang. Di titik ini lah musik indie dirasa jadi jalan keluar atas musik-musik mainstream di luar sana.

8 Lagu Akustik yang Pas Didengarkan Saat Ngelamun
Ilustrasi musik folk (Pinterest)

Di Indonesia sendiri indie folk tumbuh subur di berbagai kota dan daerah. Mereka menuangkan sisi kreatif bermusik dengan berbagai macam inovasi dan eksperimen, seperti ethnic folk dan semacamnya.

Jika kamu menyukai musik folk, berikut sejumlah musisi keren Indonesia yang recommended untuk didengarkan. 

2 of 6

Tigapagi

Tigapagi dan Danilla
Tigapagi dan Danilla. (Tigapagi)

Bandung tak henti mencetak para musisi kreatif, termasuk hadirnya Tigapagi. Berawal dari ajang musik indie, nama mereka dikenal luas dengan eksperimen musiknya.

Tigapagi menelurkan album Roekmana’s Repertoire yang jadi karya perdananya pada akhir 2013. Memadukan unsur akustik, musik etnis dan nada-nada syahdu. Sigit dkk menawarkan komposisi yang nyaman di telinga. Salah satu yang wajib kamu dengar adalah lagu berjudul Fletch yang telah didengar lebih dari 3 juta kali.

3 of 6

Amigdala

Penyampaian yang indah tak selalu menceritakan kebahagiaan. Hal itu yang terasa saat mendengar lagu Amigdala berjudul Kukira Kau Rumah. Lagu ini meraih banyak perhatian para penikmat musik hingga mencapai jutaan kali putar.

 
 
 
View this post on Instagram

video lirik Amigdala - Ku Kira Kau Rumah resmi rilis hari ini! klik link di bio kami! ________ terimakasih kepada semua yang sudah membantu mewujudkan : Produser : @looidea Sutradara : @arioabadi Assistant Sutradara : @ranjiagung , @abdinugraham Penyunting Gambar : @arioabadi Penangkap Gambar : @hendirusmanudin @muchamadranggani @erdipratamaa Ide Cerita : @abdinugraham @ranjiagung Pemeran : @snyfzh Tim artistik : @ranjiagung @hnapnd @nurianaiqbal Makeup Artist: @hnapnd Lettering : @jarwooow 'Kacang Longgar' Lokasi : Kawasan Dago Atas, Lembang, Kab. Bandung Utara. Cigugur, Kab. Bandung Barat tidak lupa untuk berterimakasih kepada pendengar setia Amigdala yang selalu mendukung kami :) mari kita bergerilya dengan rasa dan melepas segala bentuk emosi di jiwa! #amigdala #kukirakaurumah #videolirik - #Whatdenioshoots

A post shared by Amigdala (@musikamigdala) on

Dibarengi dengan video music yang artistik, sulit untuk tak memberi apresiasi terhadap lagu ini. Simak juga lagu-lagu lain mereka yang tak kalah keren.

4 of 6

Nosstress

Keunikan lain datang dari Pulau Dewata yang identik dengan pariwisatanya. Nosstress membawa keteduhan tersendiri melalui musik-musik yang mereka bawakan.

Tak jarang mereka juga memberi sedikit sentilan bagi mereka yang lalai menjaga alam. Salah satu yang unik dari Nostress adalah nada vokal yang mengandung unsur cengkok khas. Lagu yang perlu kamu dengar dari mereka antara lain Semoga Ya dan Tanam Saja.

5 of 6

Adhitia Sofyan

Konser Adhitia Sofyan
Adhitia Sofyan

Nama yang satu ini tentunya sudah tidak asing di kalangan penggemar musik indie. Berawal dari musisi kamar, Adhitia Sofyan menunjukkan produktivitas dengan lagu demi lagu yang ia ciptakan.

Beberapa tembangnya sulit dilupakan, seperti Adelaide Sky, Sesuatu di Jogja dan masih banyak lagi, Karakter suara yang deep membuat lagunya nyaman dinikmati, terutama saat tengah berenang di antara lamunan.

6 of 6

Empat Detik Sebelum Tidur

Terakhir ada band dengan nama yang cukup unik. Mereka menamakan diri sebagai Empat Detik Sebelum Tidur. Nama yang sangat indie ini mengusung genre musik Alternative Ethnic Folk.

 
 
 
View this post on Instagram

Cintai dirimu....lagu utk para Jomblo...hhheee... Salam #penganutsederhana

A post shared by Empat Detik Sebelum Tidur (@empatdetiksebelumtidur) on

Lagu-lagu mereka puitis, musiknya rancak dan menyenangkan. Dua lagu yang perlu kamu coba dengar antara lain Nona Manis dan Jogja Dewata.

Lanjutkan Membaca ↓