Sukses di Panggung Teater, Horas Amang Diangkat ke Layar Lebar

Rivan Yuristiawan31 Jan 2019, 19:45 WIB
[Fimela] Horas Amang

Fimela.com, Jakarta Satu lagi film yang mengangkat kebudayaan Indonesia akan segera diproduksi. Berjudul Horas Amang, film bergenre drama komedi itu akan mengangkat kebudayaan suku Batak dari Sumatera Utara sebagai latarbelakang.

Meski mengangkat budaya Batak, namun film produksi Prama Gatra Films tersebut mengangkat cerita keluarga yang lebih universal. Hal tersebut dikatakan Steve Wantania selaku co produser saat konferensi pers, Kamis (31/1/2019). "Film ini adalah film nusantara," ujar suami dari Pingkan Mamboo tersebut.

"Film ini bukan hanya untuk orang batak, sebenarnya cocok untuk semua suku dan masyarakat Indonesia. Melalui film ini akan bangkit generasi yang cinta keluarga, menghargai dan menyayangi orangtua, back to family. Kembali kepada budaya yang diajarkan orangtua," timpal Jufriaman Saragih selaku produser.

[Fimela] Horas Amang
Horas Amang. (Rivan Yuristiawan/Fimela.com)

Sederet aktor berpengalaman pun didapuk sebagai pemain dengan Cok Simbara didaulat sebagai pemeran Amang. Disamping itu, ada pula nama-nama seperti Tanta Ginting dan Piet Pagau yang ikut terlibat.

Mendapat porsi sebagai pemeran utama nyatanya membuat pria berkumis itu bangga. Pasalnya, film Horas Amang memiliki nilai-nilai positif tentang budaya masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

"Ini universal sifatnya, tentang ayah yang mendidik anaknya. Jangan sampai udah hidup di kota besar, terus lupa sama sopan santun, adat istiadat, dan tugas si Amang itu untuk mengingatkan itu. Jadi nggak hanya untuk orang Batak aja," papar Cok Simbara.

Film Horas Amang berkisah tentang Amang (sebutan ayah untuk orang batak) dari tiga anak yang berusaha sekuat tenaga agar anak-anaknya meraih kesuksesan kelak. Kehidupan di dunia yang serba modern membuat anak-anaknya mengabaikan sang Amang dan melupakan adat istiadat daerah asalnya.

Sebagai orangtua, Amang pun menggunakan cara yang tidak biasa agar anak-anaknya kembali saling mengasihi dan menyayangi orangtua. Sebelum diangkat ke layar lebar, cerita Horas Amang sudah terlebih dahulu sukses saat disajikan dalam sebuah pementasan oleh teater Legiun pada 2016 lalu. Film Horas Amang akan memulai proses syuting pada Februari 2019 mendatang. Dijadwalkan, film yang disutradarai oleh Irham Acho Bachtiar itu akan tayang di pertengahan 2019.