Bongkar Pasang Personel, 5 Band Indonesia Ini Tetap Solid

Nizar Zulmi20 Mar 2019, 13:08 WIB
[Bintang] Gigi

Fimela.com, Jakarta Eksistensi sebuah grup band biasanya ditandai dengan umur panjang. Selain menjaganya dengan produktif berkarya, management band yang baik juga menjadi faktor penentu.

Saat pertama kali dibentuk, sebuah band tentu tak ingin kehilangan satu atau lebih personel. Namun di tengah jalan tentu ada banyak perubahan dan tantangan yang dihadapi.

Dewa 19
Dewa 19, salah satu band yang beberapa kali ganti personel (Foto: Instagram @de19wa)

Band yang solid bukanlah band yang tak pernah bertengkar atau ganti personel, tapi bagaimana cara mereka konsisten bermusik dengan sebaik mungkin. Beberapa band ternama tanah air sempat mengalami hal ini.

Buktinya mereka tetap solid meski pernah beberapa kali bongkar pasang personel. Mari kita apresiasi beberapa grup musik hebat tanah air ini.

2 of 6

Slank

[Fimela] Slank
Slank (Deki Prayoga/Fimela.com)

Tak bisa dipungkiri Slank adalah salah satu band terbesar di Indonesia saat ini. Meski berkiprah secara independen, karier mereka masih cemerlang. Penggemar mereka tersebar dari Sabang hingga Merauke, 

Slank mengalami berbagai perombakan besar sebelum jadi seperti sekarang. Mereka dulunya diperkuat Bongky dan Pay yang kemudian membentuk BIP. Bahkan di awal karier posisi vokal pernah diisi vokalis wanita.

3 of 6

GIGI

[Fimela] Gigi Band
GIGI (Adrian Putra/Fimela.com)

Band enerjik yang satu ini juga beberapa kali berganti formasi. Akan tetapi mereka masih kompak bermusik dengan konsep reuni. Beberapa mantan member di antaranya adalah Ronald, Budhy, Opet dan Baron.

4 of 6

Yovie Nuno

[Fimela] Yovie And Nuno
Love Festival Vol 3 (Adrian Putra/Fimela.com)

Grup musik bentukan Yovie Widianto ini juga tidak terlalu asing dengan pergantian personel, terutama vokalis. Dudy Oris, Gail dan Ersta pernah jadi bagian dari grup pelantun lagu-lagu romantis ini.

Namun yang cukup mengejutkan adalah pergantian peran Yovie Widianto, dari pemain keyboard ia kini menjadi tim produksi di balik layar. Meski begitu perannya di band tersebut masih sangat signifikan.

5 of 6

Kotak

[Bintang] Kotak Band
Kotak Band (Deki Prayoga/Fimela.com)

Grup band yang satu ini juga cukup unik, karena dari keempat member asli, hanya ada satu yang masih bertahan. Cella jadi member yang terlibat sejak awal Kotak, sebelum Icez, Pare dan Posan keluar.

Namun dengan formasi yang sekarang Kotak justru makin solid. Cella, Chua dan Tantri jadi trio yang lagu-lagunya masih terdengar dari panggung ke panggung.

6 of 6

NOAH

[Bintang] Syuting Vidio Klip Noah
NOAH (Deki Prayoga/Fimela.com)

Berikutnya ada NOAH, band yang juga mengalami sejumlah 'badai' dalam perjalanan mereka. Mulai dari keluarnya Andika dan Indra, pergantian nama Peterpan hingga kasus sang vokalis, semua telah terlewati.

Dengan tambahan David sebagai personel, NOAH kini makin berisi. Tak hanya dari segi formasi, tapi juga warna musik yang makin kaya dan tidak membosankan.

Lanjutkan Membaca ↓