Gaya Hidup Ramah Lingkungan Ala Hamish Daud dan Raisa yang Layak Ditiru

Rivan Yuristiawan09 Apr 2019, 13:24 WIB
[Bintang] Raisa dan Hamish Daud

Fimela.com, Jakarta Aktor Hamish Daud berbagi cerita inspiratif yang ia terapkan dalam keluarganya. Sudah sejak lama, ia dan istrinya, Raisa berkomitmen untuk menggunakan barang-barang ramah lingkungan demi keberlangsungan ekosistem di bumi.

Diakui pria 39 tahun itu, ia dan Raisa saat ini sudah berkomitmen untuk tidak lagi menggunakan tas berbahan plastik yang sulit terurai dalam kesehariannya.

[Fimela] Hamish Daud
(Muhammad Akrom Sukarya/KapanLagi.com)

"Pokoknya di rumah kita full dengan tas-tas yang bisa didaur ulang. Itu menyenangkan," ucap Hamish Daud di JCC Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Sebagai gantinya, pria berdarah Indonesia Australia itu memilih mengkreasikan barang yang sudah tak terpakai. Sebagai ganti kantong plastik, ia bisa membuat tas dari baju yang sudah tidak terpakai lagi dan beberapa cara lain.

"Ya kita buat aja dengan kain yang (tidak terpakai). Atau temen lagi bikin baju, kita minta (sisa bahannya). Kan dekat dengan kita juga," tukasnya.

[Fimela] Hamish Daud
(Muhammad Akrom Sukarya/KapanLagi.com)

Menurut Hamish Daud, sekecil apapun hal yang dilakukan, jika terus ditularkan ke banyak orang bisa memberikan dampak yang baik bagi lingkungan. Hal yang kemudian membuatnya terus bertekad untuk menularkan kebiasaan yang sudah dilakukan di rumah pada banyak orang.

"Kalau kita semua melakukan perubahan sedikit, seperti jangan pakai tas plastik, pakai tas daur ulang. Matiin lampu, semua kegiatan kecil itu ngebantu (menjaga lingkungan)," pungkas Hamish Daud.