5 Grup yang Ngetren di Era MTV, Masih Ingat?

Nizar Zulmi25 Apr 2019, 13:08 WIB
Evanescence

Fimela.com, Jakarta Fase perkembangan musik telah melalui berbagai tahap seiring berubahnya zaman. Bukan hanya soal selera musik yang saat ini justru banyak kembali ke karya-karya klasik, tapi lebih dari itu.

Era 90 dan 2000an televisi dan radio masih jadi media utama untuk pemasaran musik. Jika masih ingat di zaman itu di Indonesia sempat ngehits era MTV, dengan berbagai programnya.

[Bintang] Avril Lavigne
Avril Lavigne (Bintang/EPA)

Sebelum maraknya platform digital, asupan musik masyarakat Indonesia salah satunya bersumber dari sana. Mulai dari lokal, mancanegara atau Asia bisa saling interkoneksi satu sama lain.

Namun sayang era MTV tak bertahan lama seiring majunya teknologi music on demand. Untuk membangkitkan nostalgia, mungkin kamu masih familiar dengan nama-nama grup musik berikut ini.

Blue

[Fimela] Blue
Blue (Adrian Putra/Fimela.com)

Sebelum era One Direction, Blue pernah menjadi salah satu boyband paling sukses di era 2000. Simon, Duncan, Antony dan Ryan memiliki karakter vokal yang kuat secara individu, dan solid secara grup.

Lagu-lagu Blue yang ngehits di antaranya adalah All Rise, One Love dan You Make Me Wanna. Mereka juga sempat berkolaborasi dengan legenda Elton John di lagu Sorry Seems to be the Hardest Word.

Sugababe

Sugababes
Sugababes (Foto: BBC)

Grup perempuan juga tak kalah mencuri perhatian. Salah satunya adalah trio yang dikenal dengan Sugababes. Terbentuk pada tahun 1998, Siobhán Donaghy, Mutya Buena dan Keisha Buchanan akhirnya debut pertama kali pada tahun 2000.

Single mereka berjudul Round Round menjadi salah satu hits yang melambungkan nama mereka. Sayang setelah melakukan beberapa perubahan, Sugababes bubar pada 2011.

Evanescence

Evanescence
Evanescence

Suara vokal Amy Lee menjadi daya tarik band emo rock yang satu ini. Evanescence adalah salah satu icon grup musik era 2000an dengan sederet lagu hitsnya.

Band pelantun Bring Me to Life rupanya juga masih bertahan hingga saat ini. Evanescence masih aktif melakoni tur mereka di beberapa negara. Masih ingat dengan lagu-lagu mereka?

No Doubt

[Bintang] No Doubt
No Doubt (via Pinterest)

Gwen Stefani dkk membawa musik yang cukup revolusioner di masanya. Mereka membangun No Doubt dengan karakter mereka yang nyentrik dan sangat freestyle.

Meski sukses bersama bandnya, Gwen juga terbukti cukup berhasil saat mencoba karier solo. Hingga kini dua-duanya masih berjalan dengan semangat yang sama.

Linkin Park

KIlas Balik Perjalanan Chester Bennington Bersama Linkin Park
Linkin Park (AP/Jordan Strauss)

Satu lagi yang patut kita bahas kali ini adalah band Nu Metal bernama Linkin Park. Pengaruh yang mereka bawa sangat besar di skena musik yang memadukan rock dan rap di masanya.

Chester Bennington dan Mike Shinoda saling melengkapi satu sama lain. Sayang pada akhirnya Chester menyerah dan membuat sedih jutaan fansnya di seluruh dunia saat ditemukan tewas bunuh diri.

Lanjutkan Membaca ↓