Netter Kritik Boyband Indonesia Diduga Plagiat Lagu BTS

Nizar Zulmi06 Mei 2019, 17:08 WIB
C'Boys

Fimela.com, Jakarta Boyband asal Indonesia memunculkan keresahan di kalangan para penggemar K-Pop. Pasalnya grup bernama C'Boys ini diduga menjiplak karya dari beberapa boys group dari Korea Selatan, salah satunya BTS.

Beberapa hari lalu melalui channel YouTube-nya, C'Boys mengunggah sebuah lagu berjudul o.D atau Overdose. Lagu inilah yang mengundang lahirnya berbagai macam kritik di social media.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by C’BOYS INDONESIA (@cboys.id) on

Lagu tersebut dinilai telah menjiplak beberapa lagu K-Pop dalam satu komposisi. Selain BTS, part lagu Overdose juga terdengar mirip dengan lagu My Pace dari Stray Kids, Cherry Bomb dari NCT 127, dan All Night milik Astro.

Sementara itu bagian outro lagu tersebut cukup familiar bagi fans K-Pop karena mirip dengan Fake Love milik BTS. Komentar-komentar pedas pun bertebaran di akun Instagram @cboys.id terutama di postingan terakhir pada 28 April 2019 lalu.

Dibahas di Media Korea

Fenomena C'Boys tak hanya membuat geram para penggemar K-Pop di Indonesia. Impact yang ditimbulkan juga sampai ke luar negeri, karena ramainya arus komentar mengenai mereka.

 
 
 
View this post on Instagram

290419 . Coming Soon . #cboys #cboysindonesia #cboysid #boyband #boybandindo #boybandindonesia #kpop #reborn

A post shared by C’BOYS INDONESIA (@cboys.id) on

Beberapa media Korea membahas mengenai tudingan plagiarisme yang dilakukan C'Boys. Kasus ini memang bukan kali pertama terjadi, tapi fans K-Pop di Indonesia mengecam tindakan grup tersebut yang dinilai tidak mengindahkan hak cipta.

Di sisi lain beberapa fans mencoba tidak terlalu meluapkan emosi, karena pembuatan lagu tersebut bisa juga datang dari management. Namun jika memang ini strategi untuk melambungkan nama C'Boys, kecaman yang mereka tuai akan jauh lebih masif.

Lanjutkan Membaca ↓