5 Lagu Dewa 19 yang Direcycle Musisi Lain, Lebih Keren?

Nizar Zulmi13 Mei 2019, 17:08 WIB
[Bintang] Dewa 19

Fimela.com, Jakarta Kurang lebih 33 tahun lalu Ahmad Dhani memprakarsai lahirnya Dewa 19, band yang saat ini sudah bisa disebut legendaris. Band asal Surabaya ini jadi salah satu dedengkot musik berkat karya-karya yang mereka ciptakan.

Menelurkan puluhan hits, Dewa 19 sempat bongkar pasang personel sebelum akhirnya bubar pada 2011. Meski begitu karya mereka masih sering terdengar baik dari bantuan platform musik digital maupun show mereka dalam konsep reuni.

[Bintang] Ahmad Dhani
Ahmad Dhani, pentolan grup Dewa 19. (Deki Prayoga/Fimela.com)

Lagu-lagu Dewa 19 sebagian besar merupakan ciptaan sang pendiri, Ahmad Dhani. Beberapa dari lagu tersebut juga sempat dibawakan oleh musisi lain dengan versinya masing-masing.

Berikut merupakan lima hits Dewa yang coba direcycle oleh penyanyi dan band-band tanah air. Lebih suka versi original atau versi mereka?

Kangen - Chrisye feat Sophia Latjuba

Chrisye
Chrisye

Kangen tak dipungkiri adalah salah satu masterpiece Dewa yang jadi favorit banyak orang. Jadi salah satu karya 'tertua' mereka, lagu ini juga sempat dibawakan ulang oleh penyanyi lain.

Jika masih ingat, lagu versi baru ini dirilis tahun 2002 oleh Chrisye dan Sophia Latjuba. Lagu yang dibawakan secara duet ini pun juga salah satu cover yang paling disukai Ari Lasso.

Separuh Nafas

[Fimela] Vhirza
Virzha (Adrian Putra/Fimela.com)

Penyanyi berkarakter kuat, Virzha juga pernah merecycle salah satu karya Dewa 19. Di album Kedua, Virzha membawakan lagu Separuh Nafas yang juga tak kalah populer.

Sebelumnya Virzha sempat membawakan lagu-lagu Dewa dalam grup Mahadewa. Lalu ia pun mengantongi izin untuk menyanyikan Separuh Nafas di album solonya.

Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi - Ratu

[Bintang] Pinkan Mambo dan Maia Estianty
Pinkan Mambo dan Maia Estianty ketika masih tergabung dalam Ratu. (YouTube)

Meski memiliki karakter yang berbeda di era Ari Lasso dan Once, fans tetap mencintai Dewa sebagaimana adanya. Dewa di masa Lasso dikenal lebih condong dengan genre rock.

Salah satu lagu mereka adalah Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi, tembang bernuansa classic rock yang sempat direcycle oleh Ratu. Saat itu Ratu masih dalam formasi pertama, yakni terdiri dari Maia Estianty dan Pinkan Mambo.

Cinta Kan Membawamu Kembali - Reza Artamevia

[Fimela] Reza Artamevia
Reza Artamevia (Adrian Putra/Fimela.com)

Bukan perkara mudah untuk merecycle lagu karya Dewa 19 yang sudah punya ciri khas kuat. Namun di tangan Reza Artamevia, lagu lawas Dewa pun terasa sama indahnya.

Lagu yang ia bawakan adalah Cinta Kan Membawamu Kembali yang dulu dinyanyikan Ari Lasso. Versi Reza atau versi Dewa, tentunya pendengar punya selera masing-masing.

Lagu Cinta - AIR

[Bintang] Afgan Syahreza - Isyana Sarasvati - Rendy Pandugo
Afgan Syahreza - Isyana Sarasvati - Rendy Pandugo (Nurwahyunan/Fimela.com)

Karya yang satu ini mungkin bukan tipe lagu yang berpotensi cocok untuk direcycle oleh musisi lain. Akan tetapi Afgan, Isyana Sarasvati, dan Rendy Pandugo punya intuisi tersendiri tentang Lagu Cinta.

Dengan melibatkan Gerald Situmorang dalam aransemen, Lagu Cinta versi AIR memiliki nafas baru tanpa meninggalkan nyawa lagu versi aslinya. Di versi ini penikmat musik bisa mendengar petikan gitar Rendy serta sentuhan piano dari Isyana yang akan membuat kagum.

Lanjutkan Membaca ↓