17 Film Pendek Bertema Mitos Lokal Indonesia Tayang di 17 Negara

Syifa Ismalia27 Mei 2019, 19:45 WIB
Viu, dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) untuk mangeksplorasi koIaborasi melalui inisiatif yang disebut 'Filmpreneur'.

Fimela.com, Jakarta Layanan streaming Viu berkolaborasi dengan BEKRAF, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Badan Perfilman Indonesia, Komisi Film Daerah, membuat kompetisi yang bernama Viu Short atau program film pendek, mengenai mitos lokal Indonesia. Alasan tema itu sendiri, sengaja diambil agar banyak orang di beberapa negara yang menonton dapat mengetahui bahwa di Indonesia memiliki jutaan cerita, mitos dan kepercayaan yang unik.

Terpilihlah 17 film pendek karya anak pelajar yang akan berkompetisi. Seluruh film tersebut itu pun ditayangkan di 17 negara di mana Viu berada, mulai 21 Mei 2019. Lengkap dengan teks terjemahan dalam bahasa lnggris, Cina, Vietnam, Burma, Thailand.

Varun Mehta selaku Viu Country Head Indonesia mengatakan bahwa Viu percaya akan kreativitas anak bangsa yang memiliki sumber daya yang sangat luar biasa.

"Kami selalu percaya bahwa kreativitas anak-anak muda di Indonesia merupakan sumber daya yang luar biasa, keyakinan tersebut semakin kuat setelah kami melakukan perjalanan mengadakan program Viu Short di 17 kota di seluruh Indonesia," katanya.

 

Viu dan IKJ
Kerjasama Viu dan IKJ

Lebih lanjut, meski bertema mengenai kearifan lokal namun Varun yakin ini bisa jadi daya tarik internasional. Tak hanya itu saja, setelah melihat 17 film pendek tersebut, menurutnya karya anak bangsa ini diluar ekspetasinya.

"Ke 17 film pendek sebagai hasil dari program Viu Shorts! ini tidak hanya kental dengan kearifan lokal, namun berhasil diproduksi dengan daya tarik internasional. Menjadi komitmen kami untuk terus berkolaborasi dengan anak-anak bangsa," tuturnya.

Satu orang pemenang dari program Viu Short ini akan menerima beasiswa penuh dari Viu untuk menikmati pendidikan program sarjana atau pascasarjana sinematografi di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Dalam kesempatan yang sama satu orang pemenang film pendek tersebut juga akan mendapatkan pengalaman langsung di lapangan dengan bekerja secara profesional.