Alasan Joko Anwar Tak Mau Sebut Gundala Sebagai Superhero

Syifa Ismalia18 Jun 2019, 06:45 WIB
Gundala

Fimela.com, Jakarta Sebagian orang menyangka Gundala merupakan salah satu film superhero asal Indonesia. Namun, sang sutradara, Joko Anwar justru tidak membenarkan hal tersebut. Joko Anwar mengenaskan bahwa Gundala merupakan film jagoan asal Indonesia.

"Film ini bukan seperti film Marvel, feel yang lebih relevan dengan orang Indonesia. Bukan cuma mencontek film superhero. Ini film jagoan Indonesia, ini film patriot," ujar Joko Anwar ditemui di konferensi pers film Gundala, di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Untuk saat ini, Gundala sudah memasuki tahap pasca produksi karena film sudah rampung 95 persen. Menurutnya, sisa tinggal mixing suara keseluruhan film.

 

Gundala
Roadshow film Gundala yang digelar di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, Sabtu (15/6/2019). (Screenplay Films)

Bukan mixing seperti biasa, suara dalam film Gundala akan disetel untuk mencapai Dolby Atmos. Dolby Atmos sendiri adalah teknologi surround sound hingga suara terdengar lebih nyata.

"Kami ingin film kami yang pertama di Indonesia yang tata suaranya Dolby Atmos," tegas Joko Anwar. Film Gundala akan tayang diseluruh bioksop tanah iar pada 29 Agustus 2019 mendatang.

 

Kisah Film Gundala

Gundala
Para pemain dan sutradara film Gundala. (Screenplay/Bumi Langit/Legacy)

Karakter Gundala pertama kali muncul dalam komik bertajuk Gundala Putra Petir karya Harya Suraminata (Hasmi) yang dirilis pada 1969 silam. Dalam komik diceritakan Gundala awalnya merupakan seorang insinyur bernama Sancaka.

Ia berambisi mencari serum anti-petir. Alih-alih menemukannya, Sancaka malah tersambar petir. Kejadian itu mempertemukan Sancaka dengan Raja Petir Kronz yang mengangkatnya menjadi anak. Ia pun diberi kalung ajaib yang dapat mengubah Sancaka jadi manusia super.

 

Para Pemain

Gundala
Roadshow film Gundala yang digelar di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, Sabtu (15/6/2019). (Screenplay Films)

Film rumah produksi Bumilangit Studio, Screenplay Films bekerjasama dengan Legacy Pictures menghadirkan berbagai bintang selebriti, seperti Abi mana Aryasatya, Muzaki Ramdhan, Tara Basro, Bront Palare, Cecep Arif Rahman, Rio Dewanto, Marissa Anita, Kelly Tandiono, dan Ario Bayu.

Meski sudah banyak artis papan atas yang sudah disebutkan, namun Joko Anwar tak mau menyebutkan semua pemainnya di film Gundala tersebut.

"Karakter dalam film Gundala banyak, banyak nama aktor yang udah kalian kenal muncul. Kami nggak mau buka semua supaya nanti pas nonton terbuka sedikit demi sedikit seperti lapisan bawang," kata Joko.

Teaser Film Gundala

Lanjutkan Membaca ↓