4 tantangan Iqbaal Ramadhan Perankan Minke di Bumi Manusia

Syifa Ismalia20 Jun 2019, 17:45 WIB
[Fimela] Iqbaal Ramadhan di Film Bumi Manusia

ringkasan

  • Iqbaal Ramadhan dipercaya memerankan tokoh utama, Minke di film Bumi Manusia.
  • Iqbaal pun mengaku sempat mengalami kesulitan meskipun dirinya kerap kali bermain film.
  • Salah satunya, Iqbaal diminta untuk menumbuhkan kumis dengan cepat.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Film Bumi Manusia sudah siap tayang di bioskop pada 15 Agustus 2019 mendatang. Film ini diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer. Film garapan Hanung Bramantyo ini menempatkan Iqbal Ramadhan sebagai pemeran utama, Minke.

Ditemui di konferensi pers poster Bumi Manusia di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019), Hanung mengaku masih tak menyangka semua itu bisa terwujud.

"Hari ini, sekelumit dari film Bumi Manusia terhidang. Sebuah poster yang bahkan saya pribadi, masih tidak menyangka ada nama saya di sana. Sungguh sebuah mimpi yang menjadi kenyataan," kata Hanung Bramantyo.

 

[Fimela] Iqbaal Ramadhan di Film Bumi Manusia
(Adrian Putra/Fimela.com)

Iqbaal Ramadhan dipercaya memerankan tokoh utama, Minke. Iqbaal pun mengaku sempat mengalami kesulitan meskipun dirinya kerap kali bermain film. Berikut 4 tantangan Iqbaal Ramadhan perankan Minke di Film Bumi Manusia.

1. Jadi Budak

Hanung memperlakuan Iqbaal selayaknya budak, itu tak lain demi pendalaman pada karakter. Dia sepakat bahwa Iqbaal tumbuh dalam kehidupan yang serba berkecukupan.

"Aku bilang ke dia, 'Tinggalkan semua yang ada di rumah kamu. Makan di lantai, kamu ngepel dan nyuci sendiri, terus tidur di tikar. Kamu jadi budak untuk di rumahmu'. Itu yang saya kasih," ungkapnya soal arahan kepada Iqbaal Ramadhan.

 

2. Tumbuhkan Kumis

[Fimela] Iqbaal Ramadhan di Film Bumi Manusia
(Adrian Putra/Fimela.com)

Iqbaal juga mengaku ia diminta untuk menumbuhkan kumis dengan cepat. Ia juga sempat menggunakan minyak kemiri dan lain sebagainya agar kumisnya cepat tumbuh.

Namun hal itu tidak berhasil, kumisnya hanya tumbuh tipis dan akhirnya tetap menggunakan bantuan make up."Terus yang ngeselinnya adalah proses tumbuhnya kumis itu terjadi setelah syuting justru. kaya yang, lu telat woy," cerita Iqbaal sambil menepuk-nepukan tangan ke mulutnya seolah berbicara dengan kumisnya.

 

3. Hadapi Pro dan Kontra

[Fimela] Iqbaal Ramadhan film Bumi Manusia
Iqbaal Ramadhan film Bumi Manusia (Adrian Putra/Fimela.com)

Iqbaal pun mengaku sempat mengalami kesulitan meskipun dirinya kerap kali bermain film. "Kesulitan untuk pendalaman karakter karena latar cerita mengambil waktu akhir abad ke-18," ujar Iqbaal Ramadhan ditemui di tempat yang sama.

Sebelumnya, terpilihnya Iqbaal untuk berperan sebagai Minke sempat menuai pro kontra hingga muncul petisi menolak perannya. Namun lambat laun, semua pun mengerti.

 

4. Minim Referensi

[Fimela] Iqbaal Ramadhan di Film Bumi Manusia
(Adrian Putra/Fimela.com)

Demi mendalami karakter Minke dalam film nya tersebut, pria kelahiran Surabaya, 28 Desember 1998 itu pun rela belajar melalui video yang ada dan membaca buku.

"Tidak ada cara lain selain nonton video dan baca buku, saya ngerti tujuan Mas Hanung bukan bikin aku jadi Minke tapi benar-benar mengerti cara berpikir Minke," jelasnya.

Mawar Eva de Jongh Belajar Bahasa Belanda dan Jawa Demi Film Bumi Manusia

Lanjutkan Membaca ↓