Cerita Masa Muda Pidi Baiq Diangkat jadi Film Layar Lebar

Rivan Yuristiawan05 Jul 2019, 16:45 WIB
[Fimela] Jason Ranti

Fimela.com, Jakarta Sosok seniman serba bisa, Pidi Baiq kembali muncul dengan karya terbaru. Setelah cerita fiksinya tentang kisah cinta remaja Dilan dan Milea sukses di industri film tanah air, kini ia kembali mengangkat satu cerita dari novel bertajuk Koboy Kampus menjadi sebuah film layar lebar.

Dengan judul yang sama, film hasil kerjasama 69 Production dan MNC Pictures sebagai distributor ini bisa dibilang sebagai gambaran kisah nyata Pidi Baiq di masa kuliahnya. Bisa dibilang, film Koboy Kampus merupakan film biopik pentolan The Panasdalam itu.

[Fimela] Jason Ranti
Jason Ranti. (Bayu Herdianto/Kapanlagi.com)

"Di sini, Pidi cerita bagaimana dia bisa di kampus sampai tujuh tahun. Kalau Dilan mungkin masyarakat masih menerka-nerka apa dia Pidi Baiq atau bukan, tapi Koboy Kampus ini fix adalah Pidi Baiq," ujar Tubagus Deddy, sutradara yang bekerjasama dengan Pidi Baiq saat konferensi pers di kawasan SCBD Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2019).

Film Koboy Kampus sendiri melibatkan sejumlah aktor dan musisi ternama tanah air. Musisi independen Jason Ranti dipercaya untuk memerankan tokoh Pidi Baiq muda. Jeje, sapaan akrabnya mengaku diminta langsung oleh sang tokoh untuk memerankan karakter Pidi Baiq semasa kuliah.

"Saya diteror, di-Whatsapp sama asistennya. Ngomongnya gitu, 'ditunggu di The Panasdalam'. Dalam hati, 'wah ngapain', terus diminta sama ayah (Pidi Baiq) suruh jadi dia. Yaudah, langsung jawab ,'mau'," ungkap Jason Ranti dalam kesempatan yang sama.

[Fimela] Jason Ranti
Jason Ranti. (Bayu Herdianto/Kapanlagi.com)

Film Koboy Kampus sendiri mengusung genre drama musikal. Bercerita tentang proses pencarian jati diri Pidi Baiq dengan pemikiran-pemikiran gilanya saat berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) era 90an, termasuk soal konsep 'Negara Kesatuan The Panasdalam'.

Selain Jason Ranti, beberapa nama lain yang juga turut terlibat dalam film Koboy Kampus antara lain Ricky Harun, Bisma Karisma, David John, Miqdad Auddasy, dan sejumlah artis serta musisi lainnya. Rencananya, film tersebut akan tayang di bioskop tanah air mulai 25 Juli 2019 mendatang.