Akan Tayang, Ini Fakta-fakta Menarik Film Gundala

Musa Ade23 Agu 2019, 06:45 WIB
Istri Komikus Hasmi: Gundala Milik Kita, Gundala Kebanggaan Kita

Fimela.com, Jakarta Film superhero asli Indonesia, Gundala sebentar lagi akan segera tayang. Rencananya film ini akan tayang perdana pada 29 Agustus 2019. Film ini sendiri digarap oleh sutradara kenamaan Indonesia, Joko Anwar.

Berbeda dengan film-film Joko Anwar sebelumnya, kini ia mengangkat film dengan teman superhero asli Indonesia. Meskipun belum tayang, akan tetapi film ini sudah membuat publik penasaran.

Film Gundala sendiri diadaptasi dari komik karya Harya Suraminata yang dirilis pada 1969 dengan nama Gundala Putra Petir. Komik ini sendiri sudah dirilis dalam 23 judul hingga tahun 1982.

Karakter Gundala diciptakan oleh Hasmi setelah ia terinspirasi tokoh superhero komik DC yaitu The Flash. Walaupun begitu, jalan cerita Gundala di komik mengambil latar belakang di Yogyakarta.

Dalam versi komiknya, Sancaka diceritakan sebagai seorang peneliti yang berhasil menemukan serum anti petir. Akan tetapi Sancaka malah tersambar petir dan ditarik oleh kekuatan dari planet lain. Ia pun mempunyai kekuatan petir dari tangan dan berlari secepat angin.

Terlepas dari hal tersebut, tidak ada salahnya jika kita membahas tentang fakta-fakta film Gundala. Penasaran? Berikut fakta-fakta menarik film Gundala.

Butuh 4 Bulan untuk Menyelesaikan Naskah

[Fimela] Joko Anwar
Media gathering film Gundala (Adrian Putra/Fimela.com)

Dalam film Gundala, Joko Anwar menjadi sutradara dan penulis naskah. Ia mengaku butuh waktu 4 bulan untuk menyelesaikan skenario Gundala. Jalan cerita diperbarui agar lebih cocok dengan zaman sekarang.

Kostum Gundala Dibuat di Perusahaan Pembuat Kostum Daredevil

Poster Film Gundala
Poster film Gundala.(Screenplay Films/Legacy Pictures)

Kostum Gundala di versi film dibuat secara 3D di Amerika Serikat. Kostum ini dibuat perusahaan yang sama dengan yang membuat kostum Daredevil.

Abimana Diet Ketat

[Fimela] Abimana Aryasatya
Media visit pemain film Gundala (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Untuk bisa memerankan Gundala, Abimana harus menjalani diet ketat. Abimana menjalani pola makan yang teratur. Abimana sempat menolak film Gundala karena jadwal yang bentrok. Akan tetapi Joko Anwar memberinya waktu untuk menyelesaikan proyeknya yang lain agar bisa tetap memerankan Gundala.

Kostum Gundala yang Berbeda

Istri Komikus Hasmi: Gundala Milik Kita, Gundala Kebanggaan Kita
Komik Gundala Putera Petir karangan Pak Hasmi di rumah beliau (Liputan6.com/Husnul Abdi)

Joko Anwar memutuskan untuk menghilangkan celana dalam merah pada kostum Gundala yang sebenarnya ada di versi komik. Topeng Gundala juga diganti dengan kacamata dan masker penutup mulut.

Lanjutkan Membaca ↓