Cerita Legenda Kuyang asal Kalimantan Diangkat ke Layar Lebar

Rivan Yuristiawan30 Agu 2019, 21:24 WIB
Diperbarui 30 Agu 2019, 21:24 WIB
[Fimela] Kuyang

Fimela.com, Jakarta Kekayaan budaya Indonesia tak bisa dilepaskan dari cerita-cerita mistis yang melegenda di berbagai daerah. Urban legend dari Kalimantan, Kuyang beberapa waktu lalu pun sempat menjadi perbincangan hangat di linimasa Twitter.

Yang membuat ramai tentang Kuyang di Twitter tak lain adalah unggahan dari akun sate_tirek yang menampilkan video kemunculan Kuyang. Belakangan diketahui, video tersebut adalah rekaman amatir yang diambil dari set film berjudul Kuyang: The Portrait of Nightmare yang sedang diproduksi oleh Matta Cinema dan Umbara Brothers Film.

[Fimela] Kuyang
Kuyang. (Rivan Yuristiawan/Fimela.com)

Lewat keterangan pers yang diterima Fimela.com, sang produser, Cornelio Sunny menyatakan jika ia bersama tim produksinya baru saja merampungkan proses syuting film yang mengangkat tentang legenda urban asal wilayah Kalimantan tersebut.

"Kami baru saja menyelesaikan film tersebut tanggal 28 Agustus pada dini hari," kata Cornelio Sunny.

Berdasarkan informasi yang beredar, Kuyang merupakan perwujudan manusia yang menuntut ajaran ilmu tertentu untuk mendapatkan keabadian. Sosoknya pun digambarkan cukup menyeramkan, yaitu berwujud manusia dengan kepala namun isi tubuhnya tak dilapisi kulit.

[Fimela] Kuyang
Kuyang. (Rivan Yuristiawan/Fimela.com)

Kuyang: The Portrait of Nightmare merupakan film horor pertama yang diproduksi oleh Matta Cinema. Sementara untuk Umbara Brothers Film, ini adalah horor kedua setelah sebelumnya sukses menggarap film berjudul Satu Suro.

Bercerita tentang salah satu foklor terkenal di Indonesia, [Kuyang](4015694 ""): The Portrait of Nightmare disutradarai oleh Ismail Basbeth dan rencananya akan tayang di bioskop pada 2020 mendatang.