Begini Rencana Pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata

Rivan Yuristiawan12 Sep 2019, 12:24 WIB
20150902-Reza Rahadian Rayakan Satu Dekade Berkarier di Dunia Film-Jakarta

Fimela.com, Jakarta Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie akan dimakamkan hari ini, Kamis (12/9/2019). Rencananya, pemakaman akan berlangsung secara kenegaraan selepas salat zuhur di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Dari informasi yang beredar, sebelum sampai di pusara terakhirnya, jenazah BJ Habibie akan terlebih dahulu menjalani beberapa prosesi. Sekitar pukul 13.00 WIB, jenazah BJ Habibie akan menjalani prosesi pelepasan jenazah, termasuk disalatkan dari rumah duka di kawasan Patra, Kuningan oleh Agum Gumelar menuju TMP Kalibata.

[Fimela] BJ. Habibie
BJ. Habibie (Instagram/b.jhabibie)

Setelah berangkat dari rumah duka, prosesi pemakaman sendiri akan berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB. Dijadwalkan, Presiden Joko Widodo akan memimpin langsung proses pemakaman BJ Habibie selaku Inspektur Upacara.

Selain Presiden Jokowi, beberapa pejabat negara yang juga dijadwalkan akan menghadiri proses pemakaman BJ Habibie antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Disamping itu, para menteri dan pejabat negara lainnya pun akan turut hadir.

Dari pantauan Fimela.com di TMP Kalibata, pegawalan ketat sudah tampak terjadi. Sejumlah protokoler kepresidenan pun sudah tampak berjaga di sekitar area pemakaman.

[Fimela] BJ. Habibie
BJ. Habibie (Instagram/b.jhabibie)

Para pelayat juga sudah tampak siap untuk memberikan penghormatan terakhir pada BJ Habibie. Seperti yang direncanakan, pusara terakhir BJ Habibie akan bertempat di sisi pusara sang istri, Ainun yang sudah terlebih dahulu meninggal dunia.

Seperti yang sudah diinformasikan, BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) petang, pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. BJ Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun lantaran penyakit komplikasi yang lama diidapnya.