Kesuksesan BJ Habibie Meraih Cita-cita dan Cinta Terekam di Film Layar Lebar

Rizky Mulyani12 Sep 2019, 16:45 WIB
[Bintang] BJ Habibie

Fimela.com, Jakarta Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie merupakan sosok yang penuh inspirasi. Selain pernah menjabat sebagai Presiden ke-3 Indonesia, sosok yang satu ini terkenal dengan kecerdasannya. Terbukti dengan persembahannya yang sangat bermanfaat dalam dunia penerbangan.

Laki-laki yang pernah berkuliah di Universitas Teknologi Rhein Westfalen (RWTH) Aachen, Jerman, ini telah menemukan Proggresion Crack Theory yang akhirnya dikenal dengan istilah Habibie Theory. Selain itu, Habibie pun pernah merancang pesawat bernama N-250 saat ia diminta presiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia.

6 Potret Kebersamaan BJ Habibie dan Ainun, Dari Muda Hingga Akhir Hayat
6 Potret Kebersamaan BJ Habibie dan Ainun, Dari Muda Hingga Akhir Hayat (sumber: Brillio.net)

Bukan hanya sukses dalam menggapai mimpi dan cita-citanya, sosok Habibie pun berhasil menemukan cinta sejati. Perempuan bernama Hasri Ainun dipersunting Habibie pada tahun 1962.  Dari buah pernikahannya, mereka dikaruniai dua orang anak laki-laki, Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

Perjalanan cinta Habibie dan Ainun sukses membuat banyak orang larut terbawa perasaan. Terlebih ketika Ainun meninggal dunia sembilan tahun yang lalu, Habibie terus mengungkapkan cintanya dan membuktikan kesetiaannya. Hingga akhirnya kini Habibie menyusul sang belahan jiwa pulang ke pangkuan Sang Pencipta. Keduanya kembali berdampingan, liang lahat Habibie berada tepat di samping makam sang istri.

Cerita cinta bersama Hasri Ainun dan perjalanan hidup Bj Habibie menggapai kesuksesan diangkat menjadi film layar lebar. Di antaranya adalah Habibie & Ainun (2012), Rudy Habibie (2016), dan yang mendatang bertajuk Habibie & Ainun 3, tayang pada Desember 2019.

Habibie & Ainun

[Bintang] Habibie Ainun
Poster film Habibie dan Ainun. FOto: via indonesianfilmcenter.com

Film yang tayang pada tahun 2012 ini dibintangi Reza Rahadian sebagai BJ Habibie dan Bunga Citra Lestari yang menjadi Ainun. Mengisahkan tentang perjalanan cinta keduanya, mulai dari berkenalan, menikah dan berjuang menjalani kehidupan bersama hingga ajal memisahkan mereka. Film ini disutradarai oleh Faozan Rizal. Berbagai penghargaan telah diterima film biopic drama Indonesia ini.

Rudy Habibie

[Bintang] Film Rudy Habibie
Syuting film Rudy Habibie sempat berhenti lantaran pemeran utamanya, Reza Rahadian sakit dan beberapa hari menjalani perawatan di rumah sakit. (Adrian Putra/Bintang.com)

Bisa dikatakan film garapan Hanung Bramantyo yang tayang pada 2016 silam ini menjadi film kedua setelah Habibie & Ainun. Bukan lagi bicara soal kisah cintanya dengan Ainun, namun di film ini mengisahkan tentang kehebatan Habibie sebelum menjadi Presiden ke-3 Indonesia. Diungkapkan mengenai perjalanan Habibie merintis menuju kesuksesan.

Habibie & Ainun 3

[Fimela] Maudy Ayunda di Film Habibie & Ainun
(Bayu Herdianto/KapanLagi.com)

Belum sempat menyaksikan film selanjutnya, Habibie sudah lebih dulu pergi untuk selamanya. Film bertajuk Habibie & Ainun 3 ini memang lebih mengangkat kisah mengenai sosok Ainun di masa muda. Bukan Bunga Citra Lestari lagi, namun Maudy Ayunda lah yang dipercaya memerankannya. Rencananya, film ini tayang pada Desember 2019 nanti.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓