5 Lagu yang Gambarkan Karakter dan Musikalitas Chrisye

Nizar Zulmi17 Sep 2019, 15:08 WIB
Mengenang 70 Tahun Penyanyi Chrisye, Ini Karyanya yang Melegenda

Fimela.com, Jakarta Chrisye dan lagu-lagunya terus selalu terngiang di telinga masyarakat Indonesia. Sejak era 70an, musikalitas Chrisye tertuang dalam lagu-lagu dengan berbagai macam genre dan nuansa.

Sebagai penyanyi, musisi bernama lengkap Chrismansyah Rahadi tak hanya jadi spesialis di satu genre. Lagu-lagu cinta Chrisye memang membuai, tapi bicara tentang kehidupan, Chrisye menunjukkan warna lain yang tak kalah kuat.

Chrisye
Chrisye di videoklip. (Musica Studio's)

Karena penjiwaannya yang mampu meresap dalam setiap lagu, Chrisye jadi salah satu legenda di kancah musik. Berbagai penghargaan tak cukup menjadi bukti betapa musik dan Chrisye telah menjadi kesatuan.

Seperti di lagu-lagu berikut ini, di mana Chrisye menampilkan berbagai warna dalam kapasitas bermusiknya.

Kala Sang Surya Tenggelam

Album Sabda Alam menjadi sebuah koleksi karya yang membuat nama Chrisye dikenal publik. Karyanya pada 1978 itu memuat sejumlah lagu legendaris yang sampai kini masih kerap membuat merinding para pendengarnya.

Lagu Kala Sang Surya Tenggelam merupakan single dari album ini dan memiliki nuansa magis yang khas. Dari aransemen hingga liriknya layak disebut sebagai salah satu masterpiece Chrisye.

Chrisye
Chrisye

Lilin-Lilin Kecil

Lilin-Lilin Kecil juga merupakan koleksi terbaik yang membekas di hati banyak orang. Lagu ini terdapat di album berjudul sama yang dirilis 1977. 

Progresi musik yang berubah-ubah dan pendekatan liriknya jadi kekuatan utama lagu ini.

Dara Manisku

Tak hanya pandai menunjukkan karakter kalem dan misterius, Chrisye juga membuat lagu-lagu dengan warna lain. Dara Manisku (2002) booming di era awal 2000an, saat MTV masih berjaya di televisi.

Lagu ini memiliki nuansa musik swing klasik yang menyenangkan untuk didengar. Justru berbeda dari Michael Buble yang bersuara deep, Chrisye tetap mampu menaklukkan lagu ini dengan karakternya sendiri.

Chrisye
Chrisye di videoklip. (Musica Studio's)

Andai Aku Bisa

"Dan aku tak punya hati, untuk menyakiti dirimu". Ini adalah petikan lirik lagu patah hati Chrisye yang mungkin paling populer. Lirik yang lebih lugas diimbangi dengan aransemen syahdu menghasilkan karya yang brilian.

Chrisye dan Ahmad Dhani
[Foto: Chrisye dan Ahmad Dhani]

Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada

Beralih ke album Senyawa, Chrisye menggaet sejumlah musisi tanah air sebagai rekan kolaborasi. Album ini memuat banyak lagu keren, termasuk Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada. 

Bicara tentang konsep ketuhanan dan ketulusan mengabdi sebagai hamba, lagu ini diadaptasi Dhani dari Stephen Simmonds, Tears Never Dry yang menurut Dhani sudah melalui proses perizinan.

Lanjutkan Membaca ↓