Jadikan Keluarga Nomor Satu, Hanung Bramantyo Ungkap Sosok Guru

Rivan Yuristiawan19 Sep 2019, 17:24 WIB
[Bintang] Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca

Fimela.com, Jakarta Sutradara Hanung Bramantyo menjadi saksi hiduo bagaimana besarnya cinta BJ Habibie terhadap istrinya, Ainun. Dalam beberapa kesempatan berbincang langsung dengan BJ Habibie, almarhum selalu mengungkit tentang sosok istrinya.

Hal tersebut disampaikan Hanung Bramantyo saat melayat ke TMP Kalibata, Kamis (12/9/2019). Menurut suami Zaskia Adya Mecca itu, BJ Habibie selalu menganggap ibu Ainun masih hidup dan terus mendampinginya.

Momen Manis Keluarga Hanung dan Zaskia, Kompak Abis
Hampir 10 tahun menikah keduanya sudah dikaruniai 4 orang anak, yaitu Kana Sybilla Bramantyo, Kala Madali Bramantyo, Bhai Kaba Bramantyo, dan Bhre Kata Bramantyo.(Liputan6.com/IG/zaskiadyamecca)

"Saya pernah bersama beliau di rumahnya. Beliau selalu menggunakan syal, saya tanya, 'itu punya siapa?' dan dijawab beliau, 'ini punya Ainun'," kata Hanung Bramantyo.

Bukti lain yang disaksikan langsung oleh Hanung tentang besarnya kesetiaan BJ Habibie terhadap sang istri terjadi saat mereka berkesempatan untuk sarapan bersama di Jerman.

"Saat sarapan pagi di Jerman, saya diundang sama beliau, disampingnya itu ada piring dan kursi kosong. Beliau pun bilang, 'ini kursi dan piringnya ibu Ainun'. Beliau itu selalu men-treat bahwa istrinya masih hidup atau ada," kenang Hanung selanjutnya.

Buat Menangis

Momen Manis Keluarga Hanung dan Zaskia, Kompak Abis
Seperti saat mereka merayakan HUT ke-74 RI, pasangan ini kompak bersama mengunggah foto keluarga di Instagram. Foto itu memperlihatkan Zaskia Adya Mecca, Hanung Bramantyo, dan keempat anak mereka mengenakan baju bernuansa merah putih.(Liputan6.com/IG/zaskiadyamecca)

Sikap BJ Habibie yang demikian pun memberikan satu pelajaran berharga bagi sutradara yang menggarap film biopik tentang sosok BJ Habibie tersebut. Menurut Hanung, seberapa pun sibuknya, sosok Ainun memiliki tempat tersendiri di hati BJ Habibie.

"Saya menangis, karena saya bisa sadar bahwa seorang Presiden dan jenius tidak berpikir hanya pekerjaan saja, tetapi masih memikirkan istrinya walauipun sudah tidak ada. Itu yang membuat saya berpikir keluarga nomor satu," pungkasnya.

Seperti yang diberitakan, BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019) pada pukul 18.05 WIB. Jenazahnya kini sudah dimakamkan berdampingan dengan istrinya di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, dengan prosesi upacara militer pada Kamis (12/9/2019) siang.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓